Share this page

Hai sobat gudangkarir.com dimanapun kalian berada. Semoga dalam keadaan yang sehat selalu. Di artikel kali ini admin bakal share dan berbagi informasi kepada Sobat semua hal apa sih yang bisa kita lakukan untuk mengisi kekosongan kita.

mengisi waktu luang

Artikel ini kami tulis berangkat dari keresahan yang umum terjadi pada angkatan kerja yang baru aja lulus. Sudah mendaftar kerja dimana-mana namuan belum pula mendapat panggilan kerja. Kondisi ini untuk beberapa orang membuat galau, resah dan gelisah.

Kondisi ini sebetulnya sangat umum dan banyak terjadi bahkan sekelas lulusan sarjana pun. Lalu bagaimana jika itu terjadi pada kita? hal produktif apa yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang sambil menunggu panggilan kerja? Inilah yang akan kita bahas kali ini.

Pada dasarnya yang memacu kita untuk melakukan sesuatu adalah kebutuhan dan keinginan. Meskipun pada nyatanya dua hal ini saling berkaitan, namun kita harus bisa membedakannya. Kenapa disebut butuh dan kenapa disebut ingin.

MELAKUKAN BERDASARKAN KEBUTUHAN

Melakukan sesuatu berdasarkan keperluan atau kebutuhan merupakan hal yang harus kita utamakan. Kegiatan ini merupakan inti dasar antivitas kita yang juga menjadi penunjang aktivitas berikutnya. Contoh sederhananya seperti apa? Kita bekerja karena kita perlu uang untuk makan. Kita belajar karena kita perlu untuk menjadi pintar dan bisa menjalani kehidupan, kita tidur karena kita perlu untuk mengistirahatkan otot dan pikiran agar bisa kembali beraktivitas dengan prima, dan masih banyak hal lainnya.

Ide untuk mengisi waktu luang sebetulnya sangatlah sederhana. Lakukanlah hal yang menjadi kebutuhan atau keperluan, kemudian melakukan hal yang diinginkan dan bisa dikerjakan. Setelah dua itu tercapai, maka Sobat akan sampai di level dimana Sobat dapat mengerjakan hal diluar kemampuan Sobat.

Cobalah daftar beberapa hal yang menjadi kebutuhan atau keperluan Sobat. Di sini admin bakal menulis daftar kegiatan dasar yang perlu admin lakukan sebagai rutinitas.

IBADAH
Ibadah merupakan kewajiban setiap orang yang beragama. Dalam agama islam diajarkan sesibuk apapun kegiatan kita, ibadah tetap harus dijalankan sesuai tuntunan. Terlebih jika kita berada di waktu yang senggang. Mulailah dari yang wajib lalu lengkapilah dengan yang sunah. Percaya ataupun tidak, ketika ibadah kita berkualitas maka aktivitas yang tergambar dalam keseharian kita seperti bekerja juga akan baik

MELAKUKAN HAL KECIL
Hal yang dapat kalian lakukan diwaktu senggang adalah membereskan hal-hal kecil seperti merapihkan tempat tidur, menyapu kamar, membuang sampah pada tempatnya, dan sejenisnya. Kegiatan ini memang terkesan membuang-buang waktu, namun dikala waktu senggang ini bisa menjadi kegiatan yang menghilangkan streess dan membuat kita lebih nyaman

TERUS MENCOBA
Jika kita sudah mendaftar pekerjaan di banyak tempat namun belum juga mendapat panggilan, tetaplah bersemangat untuk mencoba lebih banyak lagi. Di era kompetisi yang tinggi memang diperlukan effort lebih agar mendapatkan peluang yang besar. Salah satunya adalah dengan melamar atau mencoba sebanyak mungkin sampai diterima.

BERSOSIALISASI
Tidak dapat dipungkiri sebagai manusia sosial kita selalu membutuhkan kehadiran sosok orang lain. Baik itu keluarga, teman, rekan kerja, maupun pasangan. Buat yang masih single kehadiran teman sangatlah berarti untuk mengisi kekosongan. Cobalah untuk sesekali mengunjungi kawanmu untuk sekedar bertukar kabar dan diskusi apapun itu. Kegiatan ini dapat menghilangkan kekosongan terlebih ketika sedang memiliki waktu luang. Ketika kita sedang sibukpun usahakan untuk mengagendakan bertemu teman dan sahabat

MEMBACA
Hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi kegabutan yaitu dengan membaca. Baca apa? bebas sesuaid dengan interest Sobat apa? Bisa membaca berita, membaca novel, membaca komik, juga bisa membaca buku pengembangan diri. Di era sekarang untuk mendapatkan bahan bacaan sangat banyak caranya, bisa dengan smartphone, tablet, dan media sosial. Dengan membaca, pikiran kita akan lebih terbuka dan kritis terhadap berbagai masalah yang dihadapi.

MILIKI HOBBY
Hobi merupakan segala sesuatu yang kita sukai tanpa diukur dari sisi materi. Pentingnya memiliki hobi adalah untuk menyeimbangkan atau menyalurkan emosi ke awah yang positif. Terlebih pada saat waktu luang, hobi bisa menjadi media penyalur yang amatlah baik dan dapat menghindarkan kita dari hal-hal negatif.

Banyak orang diluar sana yang menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Apakah ini salah? tidak selalu tergantung dari masing-masing individunya. Hal ini justru akan lebih bagus karena selain hobi bisa bermanfaat untuk kepuasan kita juga menghasilkan materi untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Kondisi ini sering disebut bekerja sesuai Passion.

WISATA
Untuk mengisi waktu luang Sobat juga bisa melakukan kegiatan wisata bersama keluarga Sobat, teman, maupun rekan kerja jika sudah bekerja. Hal ini dapat menjaga pikiran tetap fresh dan selalu dalam kondisi yang positif. Dengan berwisata kita akan mengenal dunia lebih luas lagi dan tentunya wawasan baru akan selalu bertambah.

MENCOBA HAL BARU
Ketika kita sudah merasa kebutuhan dasar terpenuhi, aktivitas juga banyak yang positif namun masih merasa luang. Cobalah untuk melakukan hal yang baru buat Sobat. Hal baru yang dilakukan tentu harus melalui pertimbangan atau dasar yang matang. Jangan sampai mencoba hal yang baru tapi tidak mempertimbangkan kemampuan, kelemahan, dan oportuniti yang ada. Karena itu akan menjadi hal yang sia-sia.

Mencoba hal baru akan lebih mudah jika dilakukan dengan cara berkolaborasi dengan orang yang sudah ahli di bidangnya. Contoh kasusnya seperti apa? Misal kita sudah punya usaha dan karyawan untuk perdagangan retail baju. Semua pekerjaan sudah dihandle karyawan dengan baik sehingga owner tidak perlu lagi turun tangan. Pada kondisi seperti ini biasanya owner akan memiliki banyak waktu luang. Waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha baru dibidang yang berbeda dengan cara kolaborasi.

Buat Sobat yang belum memiliki kegitatan utamapun bisa juga mencoba hal hal baru. Yang penting harus fokus dan konsisten sampai pada titik apa yang kita lakukan menghasilkan manfaat buat diri Sobat.

Ngerasa Gabut Karena Nunggu Panggilan? Lakukan Hal Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *