Share this page

Sekarang ini, bekerja paruh waktu atau mencari pekerjaan sampingan merupakan suatu pilihan yang banyak freelance untuk mahasiswa. Bagi mahasiswa, dapat membeli sesuatu menggunakan hasil kerja sendiri tentu menjadi hal yang sangat memuaskan dan membanggakan. Karena dapat memenuhi kebutuhan hidup ketika kuliah dengan tidak hanya mengumpulkan uang dari orangtua.

Bekerja freelance untuk mahasiswa menjadi pilihan yang paling sesuai, karena tidak terlalu terikat dengan waktu dan dapat dilakukan secara fleksibel kapan saja dan dimana saja. Selain itu, mencari pekerjaan di zaman sekarang ini tidaklah mudah. Melamar pekerjaan bukan hanya sekedar memiliki ilmu atau latar pendidikan yang tinggi, tetapi juga harus mempunyai kemampuan khusus dan pengalaman dibidang yang berkaitan. Hal tersebut dapat kamu peroleh dari pengalaman kerja freelance selama menjadi mahasiswa. Oleh karena itu, berikut ini beberapa rekomendasinya:

Guru Les Privat

Kamu dapat mendaftarkan diri di beberapa bimbingan belajar yang membuka lowongan pengajar bagi mahasiswa atau bahkan adan dapat membuka bimbingan belajar sendiri di lingkungan sekitar kampus mulai dari jenjang SD hingga SMA. 

Desainer Grafis

Di dunia digital sekarang ini, banyak perusahaan atau instansi lain yang membutuhkan jasa seorang desainer grafis. Pekerjaan ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, karena membutuhkan keahlian khusus. Jika kamu mempunyai kemampuan desain grafis, maka pilihan mengambil freelance ini merupakan kesempatan yang besar.

Penulis Lepas

Seiring dengan perkembangan website dimana membutuhkan isi konten yang menarik. Maka dengan demikian akan menjadi kesempatan bagi kamu sebagai mahasiswa untuk dapat ambil andil. Dan menjadikannya sebagai pekerjaan freelance untuk mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam hal kepenulisan dapat mengambil pekerjaan ini. Pekerjaannya yaitu seperti mengisi konten artikel atau berita di sebuah portal online.

Translator

Perkembangan ilmu pendidikan salah satunya menjadikan sumber-sumber belajar banyak menggunakan bahasa asing. Ini dapat menjadi peluang bagi mahasiswa jurusan bahasa atau yang menguasai bahasa asing untuk dapat menjadi penerjemah atau translator paruh waktu. Kamu dapat memberitahu kepada teman-teman bahwa kamu menerima jasa terjemahan untuk materi atau tugas berbahasa asing.

Asisten Dosen

Pekerjaan paruh waktu sebagai asisten dosen sangat cocok bagi seorang mahasiswa. Mahasiswa yang mempunyai kemampuan khusus secara akademik biasanya akan banyak mendapatkan kesempatan untuk mendaftarkan diri sebagai asisten dosen. Tugas yang diberikan biasanya berupa mendampingi dosen dalam melaksanakan pembelajaran serta membantu dalam pelaksanaan proses penelitian atau pengabdian masyarakat dosen terkait.

Pengelola Website (Web Developer)

Bagi kamu yang mempunyai keahlian di bidang pengelolaan dan pengembangan website maka ini dapat menjadi pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang cocok. Banyak situs freelance di Indonesia maupun luar negeri yang membuka lowongan pekerjaan ini, tentunya dengan pendapatan yang sangat lumayan untuk seorang mahasiswa.

Rekomendasi 6 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak di Cari

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *