Share this page

Gudangkarir.comBekerja di sebuah perusahaan dengan posisi sesuai passion dan latar belakang pendidikan merupakan hal yang sangat menyenangkan. Tak sebatas itu, jenjang karirpun akan terbuka lebar bagi mereka yang dapat memilih karir dengan tepat

Namun kondisi tersebut sudah tidak relevan lagi pada saat ini. Kita dapat melihat, pada kenyataanya banyak sekali lulusan sekolah maupun universitas yang bekerja tidak sesuai bidang pendidikannya.

Kondisi tersebut menjadi hal yang maklum mengingat permintaan dan supply tenaga kerja sangatlah timpang. Sekolah dan kampus terus mencetak lulusan sedangkan pertumbuhan lapangan usaha masih saja terbatas. Daya serap tenaga kerja yang kurang menyebabkan menumpuknya pegangguran.

Di sisi lain, dari sudut pandang personal, setiap orang yang lulus pendidikan dituntut untuk bisa mandiri. Sehingga tak jarang lulusan sarjana khususnya fresh graduate yang memilih karir tanpa pertimbangan yang matang dan keluar jalur pendidikan.

Walaupun kondisi tersebut bukanlah sepenuhnya salah, namun jika kita dapat mengaplikasikan ilmu yang kita miliki di dalam pekerjaan, maka akan menjadi ilmu yang bermanfaat.

Jika kamu tidak ingin terjerumus dalam kondisi yang demikian, alangkah lebih baiknya jika kamu merencakan karirmu secara matang.

Berikut adalah 7 tips buat kamu yang ingin menentukan karir masa depan yang baik.

1. Mengenali Diri Sendiri

Yang dapat mengerti tentang potensi dalam diri seseorang adalah dirinya sendiri dan Gurunya. Pentingnya mengenali diri sendiri adalah untuk mengetahui apa yang menjadi potensi dalam dirimu.

Kalau kamu tipe orang yang sulit mengenali potensi dalam diri maka kamu dapat meminta bantuan guru, atau orangtuamu untuk memberikan pertimbangan yang matang.

Tulislah daftar potensi yang kamu miliki dan pertimbangkan mana potensi yang dapat dikembangkan dan memiliki daya dukung untuk menunjang karirmu nanti.

Setelah menentukan potensi yang akan kamu dalami, pastikan untuk terus konsisten mengasah sebaik mungkin.

2. Susun Daftar Profesi yang Diminati

Potensi yang kita bicarakan disini adalah yang berkaitan dengan profesi atau pekerjaan. Coba tulislah 5-10 daftar pekerjaan yang membutuhkan skill atau potensi yang kamu dalami sebagai pertimbangan.

Lakukanlah riset data pada setiap pekerjaan tersebut dan urutkanlah sesuai dengan prioritasmu.

3. Riset dan Analisis Mendalam tentang Profesi Tersebut

Setelah kamu membuat daftar pekerjaan yang berhubungan dengan potensimu, lakukanlah reset dan analisis setiap pekerjaan tersebut.

Hal-hal yang perlu kamu tahu dari setiap bidang pekerjaan tersebut adalah gambaran pekerjaan teknis, jenjang karir, kisaran gaji, tunjangan, sektor industri, faktor resiko dan lain-lain.

Selain itu perlu juga kamu mecari tahu informasi tentang pengalaman orang yang bekerja di bidang tersebut melalui pertemanan, blog ataupun chanel youtube. Pahami apa yang menjadi pro dan kontra setiap posisi pekerjaan.

Contoh kasus, kamu seorang sarjana teknik mesin. Pilihan pekerjaan yang dapat kamu ambil diantaranya menjadi seorang Welder, Piping design engineering, CNC Programing, Mechanical Designer and Drafter, K3, dll. Analisislah setiap bidang tersebut!

Setelah kamu melakukan reset cobalah untuk membuat urutan daftar sesuai dengan prioritas atau keinginanmu. Urutan pertama adalah pilihan yang paling kamu inginkan, tentu setelah melakukan proses pertimbangan.

4. Minta ridho orang tua atau berkonsultasi kepada Guru

Ridho orang tuan sangatlah menentukan berhasil tidaknya masa depanmu. Banyak cerita orang pintar namun gagal karena berlaku durhaka kepada orang tua. Di sisi lain banyak orang beruntung dan menjadi orang sukses berkat doa dan restu orang tua.

Setelah membuat keputusan dari hasil analisis nomor 3, cobalah untuk meminta pertimbangan dan doa restu orang tua maupun guru. Mintalah wejangan atau pesan yang nantinya dapat kamu pegang teguh selama menjalani pekerjaan tersebut.

5. Melakukan Lamaran Kerja

Setelah pilihanmu mantap dan mendapat ridho dari orangtua, saatnya kamu melamar pekerjaan. Mantapkan hati dan jangan ada ragu-ragu lagi. Bersikaplah optimis bahwa kamu akan diterma di pekerjaan tersebut.

Selain itu, persiapkan dirimu untuk menghadapi proses seleksi nanti. Jalani tahapan seleksi dengan sungguh-sungguh dan maksimal agar kamu dapat diterima.

Itulah 5 langkah praktis memilih karir yang tepat untuk freshgraduate. Setelah membaca artikel ini apakah kamu sudah memiliki gambaran tentang peta memilih karir? Tulis di kolom komentar ya!

Good Luck!

5 Langkah Praktis Memilih Karir yang Tepat untuk Freshgraduate

Maulana Amrullah

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.