Share this page

Ceritakan tentang diri Anda adalah kunci pertanyaan yang mungkin sering kamu dengar ketika kamu akan melamar sebuah pekerjaan. Pastinya untuk menjawab pertanyaan ini, harus kamu lakukan dengan latihan. Karena pertanyaan ini adalah pertanyaan sederhana yang bisa memperlihatkan keterampilan sekaligus kepribadian kamu dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar. 

Pentingnya Paham Sebelum Interview Kerja 

Ketika kamu akan memulai interview sebuah pekerjaan, kamu bisa membuat rancangan atau menulis autobiografi dan juga harus meringkasnya dalam 4 kalimat. Kamu harus focus pada banyak hal penting. Di mana kamu bisa membicarakan diri sendiri, sasaran utama dan juga tujuan kalian di masa depan pastinya. 

Tips Menjawab Pertanyaan Menceritakan Diri Sendiri

Untuk menjawab pertanyaan tentang Ceritakan tentang diri Anda, maka ada beberapa hal yang harus kalian pahami terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah:

Menceritakan Tentang Latar Belakang 

Anda tidak disarankan untuk menyebutkan kemampuan maupun pengalaman yang kamu miliki. Namun juga kamu harus menghubungkan setiap pengalaman kerja yang sesuai dengan konteks kehidupan setiap harinya. Kamu harus menjelaskan berasal dari mana, sekolah asal dan juga jurusan kamu. 

Menjelaskan Tentang Minat yang Dimiliki 

Kemudian, kamu juga bisa menjelaskan tentang minat yang kamu punya sekaligus alasan kamu melamar sebagai posisi tertentu di perusahaan. Sebagai contohnya jika kamu tertarik di bidang akuntansi, maka kamu bisa menjelaskan beberapa hal mengapa kamu tertarik bekerja di bidang ini. 

Menjelaskan Tentang Pengalaman Masa Lalu 

Kamu juga harus bisa menjelaskan pengalaman yang sudah kamu punya seperti pengalaman kerja, organisasi, atau pengalaman magang. Hal ini juga bisa mendukung perusahaan yang kamu lamar untuk mempertimbangkan banyak hal terkait pekerjaan yang mau kamu lakukan nantinya. Perusahaan bisa melakukan pertimbangan berdasarkan pengalaman yang sudah kamu punya nantinya. 

Menjelaskan Tujuan Melamar Kerja di Perusahaan 

Kamu juga harus bisa menjelaskan berbagai faktor apa saja yang bisa membuat kamu senang dengan pekerjaan ini. Selain itu kamu harus bisa menjelaskan secara detail bahwa kamu senang melamar kerja di perusahaan tersebut. Kamu harus bisa memastikan tentang posisi perusahaan dan juga menghubungkan kembali pada tujuan kamu melamar sebuah pekerjaan. 

Contoh Menceritakan Diri Sendiri Saat  Interview Melamar Pekerjaan

Kamu bisa menceritakan seperti “Perkenalkan, Saya Sonya berasal dari Surabaya dan saya telah lulus dari salah satu universitas di Surabaya. Saya memutuskan untuk belajar Akuntansi karena saya menyukai hal-hal yang penuh dengan ketelitian. Saya pernah menulis jurnal ilmiah akuntansi yang membuktikan bahwa saya benar-benar tekun dalam bidang akuntansi. 

Setelah kamu Ceritakan tentang diri Anda, biasa kamu akan diberikan kontrak kerja. Di mana kontrak ini akan berisi tentang sejumlah perjanjian pekerjaan yang nantinya berisi gaji, jam kerja dan lain sebagainya. 

Tips Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda!” Saat Interview Kerja

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *