Share this page

Mempunyai penghasilan tetap dengan bekerja sebagai karyawan tentunya bikin kamu tenang secara finansial. Namun, bukan berarti profesi tersebut bisa kamu andalkan terus, khususnya di tengah masa krisis yang mengancam perekonomian. Dalam situasi seperti ini, pekerjaan sampingan atau side job bakal membantu karyawan buat menjaga penghasilan mereka.

Lantas, seperti apa jenis pekerjaan yang bisa kamu sambi tanpa mengorbankan status karyawan tetap? Simak daftar selengkapnya di bawah ini!

Dropshipper

Hampir sama dengan reseller, hanya saja kamu tak perlu membeli barang dari supplier utama untuk memulai usaha. Keuntungan pun diperoleh dari persenan yang kamu naikkan dari harga. Semakin banyak barang yang berhasil dijual, semakin melimpah juga fee komisi yang kamu terima dari supplier.

Meski penghasilan jadi dropshipper tak terlalu banyak, jobdesc-nya yang tak melibatkan tugas warehouse dan antar-kirim barang sangat cocok buat kamu yang masih pengin memperhatikan posisi karyawan. Apalagi kamu bisa mengatur waktu kerjanya sendiri.

Penatu atau laundry 

Jenis usaha yang satu ini terbilang menguntungkan, sebab banyak orang yang membutuhkan jasanya, termasuk dari kalangan karyawan. Kamu juga tak perlu terjun langsung buat mengurus pesanan. Cukup sediakan tempat, perlengkapan, dan pekerja, usaha binatu atau laundry bisa dioperasikan.

Menjadikan usaha penatu sebagai pekerjaan sampingan bisa kamu mulai dengan menawarkannya ke sesama karyawan. Kalau butuh tempat buat menerima pesanan, cari lokasi strategis di sekitar gedung perkantoran, universitas, dan indekos.

Buka katering

Usaha di bidang kuliner tak dipungkiri menggiurkan karena pangsa pasarnya luas. Dalam hal ini, konsep katering yang hendak kamu jalankan tak perlu dimulai dari skala besar. Kamu bisa mengawalinya dari set menu sederhana seperti sarapan, makan siang, atau makan malam.

Tentukan juga tema dari makanan dan minuman yang kamu olah dalam pekerjaan freelance ini. Pasalnya banyak konsumen yang mencari usaha katering dengan tema spesifik. Misalnya untuk program diet yang hanya menggunakan bahan-bahan baku tertentu untuk menjaga bentuk tubuh mereka.

Vlogger

Suka berbagi informasi atau pengalaman dalam bentuk video? Manfaatkan keterampilan itu sebagai sumber penghasilan tambahan. Melihat potensi vlogger yang semakin menjanjikan, bukan tidak mungkin kamu menerima penghasilan melimpah dari profesi ini.

Untuk mengembangkan keterampilan sebagai vlogger, kamu pastinya harus mempelajari berbagai skill, dari public speaking sampai personal branding. Hal seperti cara menghitung PPN dan PPh perlu kamu ketahui juga, terutama kalau sudah dapat penghasilan tetap dari video-video yang diunggah ke platform.

Penulis dan penerjemah lepas

Rekomendasi pekerjaan sampingan berikutnya buat kamu yang punya keterampilan di bidang bahasa adalah penulis dan penerjemah lepas. Kedua profesi ini dibutuhkan buat banyak bidang, misalnya agensi digital, portal berita online, hingga pelaku bisnis yang memerlukan copywriting.

Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan penulis dan penerjemah, padahal kedua profesi tersebut bakal memudahkan tugas content creator sebelum mempublikasikan konten. Di tangan mereka, informasi yang dibagikan bakal mudah dipahami sekaligus mengurangi risiko kesalahpahaman.

Membuat kerajinan tangan

Bermodalkan kreativitas dan ketekunan, kamu yang punya hobi membuat kerajinan tangan bisa menjadikannya side job buat menambah pundi-pundi uang. Aksesori seperti gelang, jepit, kalung, hingga pajangan seperti boneka punya target pasar luas yang tak bakal menyulitkanmu saat menjualnya.

Selain itu, membuat kerajinan tangan adalah salah satu cara mengatasi stres kerja, terutama buat kamu yang sering dikejar deadline. Jadi saat kembali ke kantor, tak hanya pikiranmu yang segar, saldo di rekening bankmu ikut bertambah.

Jual tanaman hias

Sedang tren dan diminati berbagai kalangan, jualan tanaman hias adalah ide cemerlang lainnya buat kamu yang butuh uang cepat. Kamu bisa mengawalinya dengan menawarkan tanaman pot yang dapat dipajang di halaman atau kamar tidur.

Di sisi lain, kamu harus mampu merawat dan memastikan kondisi tanaman hias tetap segar sebelum sampai ke tangan pembeli. Langkah ini juga bakal mengoptimalkan cara menggali potensi diri, terutama yang berkaitan dengan disiplin dan ketekunan.

Jual buku dan pakaian bekas

Untuk pekerjaan sampingan ini, kamu tak perlu menyiapkan modal terlalu banyak. Daripada membiarkan buku atau pakaian bekas memenuhi sudut ruangan di kamarmu, lebih baik jual kepada konsumen yang membutuhkannya dengan harga yang pantas.

Tak perlu repot membuka toko offline, kamu bisa mengandalkan media sosial atau marketplace buat mempromosikannya. Kalau dilakukan dengan benar, kamu bisa dapat penghasilan tambahan tanpa perlu cari cara meminta kenaikan gaji.

Fotografer 

Jangan biarkan hasil jepretan yang kamu ambil dengan kamera profesional menganggur dalam memori penyimpanan! Kamu bisa menjualnya dengan mengunggah foto-foto tersebut di situs stock photo seperti Pexels, Rawpixels, atau Unsplash. Dari sana, kamu juga berpeluang dapat klien potensial.

Selain menyediakan foto berkualitas tinggi, kemampuan fotografi yang kamu punya juga bisa digunakan untuk membuka layanan konsultasi visual. Khususnya buat pebisnis pemula yang belum mampu sewa jasa fotografer dan harus melakukan foto produk sendiri.

Guru les atau mentor 

Susah menemukan cara nego gaji sebagai pengajar? Kamu bisa tuangkan kemampuan mengajar tersebut dengan menjadi guru les atau mentor. Apalagi sekarang ada banyak aplikasi edukasi yang dapat kamu manfaatkan buat berbagi wawasan sambil mencari penghasilan tambahan.

Untuk menekuni bidang ini, kamu sesuaikan dulu mata pelajaran yang dikuasai dan tingkat pendidikan siswa yang akan menerima pengajaran (SD, SMP, SMA/SMK, atau universitas). Kemudian, atur waktu kamu buat pekerjaan sampingan ini supaya tak mengganggu pekerjaan utama.

Website developer & designer

Peluang usaha terakhir yang bisa kamu jadikan sebagai sumber penghasilan adalah website developer dan/atau designer. Kedua kemampuan ini semakin diperlukan di era globalisasi yang menggantungkan kegiatan mereka pada teknologi, khususnya website buat kepentingan promosi dan berdagang.

Karena sangat diminati, website developer dan designer menjadi salah satu jenis freelance untuk mahasiswa yang paling digeluti. Jadi, pastikan kamu sudah menguasai dasar ilmu hingga kebutuhan konsumen yang memerlukan website, baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis.

Tip menekuni pekerjaan sampingan

Sudah menemukan side job yang sesuai kriteriamu? Karena statusnya sampingan, jenis pekerjaan ini sebaiknya jangan sampai menjadi prioritas dan mengacaukan pekerjaan utama, ya. Buat rencana dulu, terutama untuk waktu, target penjualan, dan strategi pemasaran, supaya kamu tak kerepotan dan kelelahan. 

Kalau kamu yakin side job tadi mampu memberikan penghasilan tetap yang lebih baik dibandingkan gaji karyawan, tak ada salahnya untuk mengorbankan profesi utama. Siapkan surat pengunduran diri beserta kata kata perpisahan kerja untuk disampaikan kepada atasan. Kemudian, tetap jaga komunikasi walau statusmu bukan lagi karyawan mereka.

Itulah daftar pekerjaan sampingan yang bisa kamu andalkan buat dapat penghasilan tambahan. Semoga informasinya membantu!

Mudah dan Sedang Diminati, Ini 11 Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan!

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *