Share this page
cpns 2021 smk sma

Gudangkarir.com – Pendaftaran CPNS tahun 2021 tentu sangat dinanti-nanti oleh banyak orang. Tidak hanya jenjang diploma, sarjana dan magister saja, lulusan SMA dan SMK pun mendapatkan slot kesempatan untuk mendaftar. Seperti apa syaratnya? simak artikel berikut!

Pendaftaran CPNS 2021 telah mengalami beberapa kali penundaan. Di kutip dalam detik.com, seleksi CPNS 2021 ditargetkan akan dilaksanakan pada akhir Juni.

Pendaftaran CPNS 2021 hanya akan dilaksanakan melalui 1 portal saja, yakni di Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN melalui link sscasn.bkn.go.id.

Apa saja tahapan yang harus dilalui dalam seleksi CPNS ?

Proses seleksi CPNS terdiri dari tiga tahapan, yaitu seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilaksanakan menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) BKN.

Baca lebih banyak artikel pengembangan diri disini!

Berapa syarat usia agar bisa mendaftar CPNS ?

Usia yang disyaratkan agar dapat mendaftar CPNS bagi WNI yaitu minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar.

Jenjang pendidikan apa saja yang diperbolehkan mendaftar CPNS 2021?

Kualifikasi pendidikan dalam seleksi CPNS 2021 terdiri dari jenjang SMK atau sederajat, Diploma, Sarjana, dan Magister disesuaikan dengan kebutuhan formasi jabatan di instansi terkait.

Instansi mana saja yang membuka formasi untuk lulusan SMA dan SMK?

Dilansir dari detik.com, hingga saat ini telah dipastikan bahwa setidaknya ada 2 instansi yang menerima pendaftaran CPNS untuk lulusan SMK dan SMA.

Instansi pertama berasal dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan kebutuhan formasi CPNS 2021 sebanyak 2.445 terdiri dari lulusan SMK dan sederajat sampai S2.

Instansi yang kedua yaitu Basarnas dengan kebutuhan 27 formasi jabatan. Dari jumlah tersebut, lulusan SMK/ sederajat dibutuhkan dalam formasi jabatan sebagai Rescuer Pemula, Nakhoda, Mualim, Juru Mudi, Juru Minyak, Masinis, Kelasi, hingga Markonis. Untuk dapat mendaftar formasi ini, diperlukan sertifikat khusus.

Apa saja persyaratan umum untuk mendaftar CPNS bagi lulusan SMA SMK sederajat?

Syarat khusus setiap formasi berbeda-beda tergantung instansi yang membuka lowongan. Namun secara umum peserta CPNS lulusan SMA/ sederjat harus memenuhi ketentuan sebagai berikut.

  1. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI;
  3. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI;
  5. Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis;
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

Demikianlah Ketentuan Pendaftaran CPNS bagi lulusan SMK/ sederajat. Setelah membaca artikel ini diharapkan sobat gudangkarir.com dapat mempersiapkan lebih dini. Semoga bermanfaat

Sumber :
Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA, Simak Ya!

Lulusan SMA SMK Bisa Daftar CPNS ? Yuk Simak Persyaratannya

Maulana Amrullah

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *