Share this page
lowongan kerja jogja
© getmsoffice.com

Kompetisi di dunia kerja semakin ketat dan mengharusnya setiap individu memiliki sesuatu yang unik atau spesial dalam dirinya. Entah itu berbentuk soft skill maupun hardskill. Berbicara tentang softskill dan hardskill tentu sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai kaum milenial.

Pada dasarnya soft skill dan hard skill adalah dua hal yang berbeda namun jika dikombinasikan akan saling berpengaruh.

Apa Itu Soft Skill?

Soft skill memiliki pengertian berbeda dengan hardskill, kemampuan ini lebih merujuk tentang bagaimana kita bekerja. Menurut The Balance Careers soft skill merupakan kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan rekan kerja, kemampuan untuk menyelesaikan masalah, dan kemampuan tentang bagaimana kita memanage pekerjaan kita.

Jika dirinci lebih dalam spesifik lagi, soft skill berkaitan dengan kecerdasan dalam berkomunikasi, mendengarkan, managemen waktu, empati, memperlakukan orang lain, mengatur emosi dan cara bersikap.

Soft skill juga bisa disebut wujud karakter yang ada dalam diri kita yang dapat diamati oleh orang lain. Dalam dunia kerja istilah softskill lebih dikenal sebagai attitude atau sikap.

Menurut Studi Ilmu sikap merupakan segala hal berbentuk perbuatan dan tidakan yang dilakukan oleh seseorang berdasarkan pendirian dan keyakinan yang dimiliki.

Berbeda dengan hardskill, skill tidak dapat diukur seperti halnya hardskill yang dapat dibuktikan dengan angka.

Lalu apakah softskill itu penting? Yes, soft skill adalah unsur yang sangat penting bagi setiap individu terutama dalam berinteraksi dengan orang lain untuk merealisasikan hardskill yang dimilikinya.

Anda tentu dapat membayangkan jika ada seorang guru yang sangat pintar namun tidak dapat mentransfer ilmu yang dimiliki kepada muridnya. Tujuan pembelajaran pasti tidak akan tercapai.

Apa saja yang termasuk soft skill?

Beberapa contoh soft skill yang dapat kita terapkan dalam lingkungan kerja sebagai berikut.

1. Skill Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi dengan baik dan benar tidaklah didapat secara instan. Namun perlu dilatih terus menerus dengan cara praktik berinteraksi.

Terlebih jika komunikasi yang dilakukan dimuka umum atau dalam sebuah forum diskusi. Grogi dan demam panggung sangat sering terjadi bahkan bisa menyebabkan pikiran kita blank.

Untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan benar kita perlu tahu unsur yang ada di dalamnya. Unsur tersebut meliputi mendengar, negosiasi, public speaking , komunikasi verbal dan nonverbal, dan presentasi.

2. Problem Solving

lowongan kerja jogja

Pada saat seleksi wawancara kerja, sering kali kita menemui tahapan yang namanya FGD atau Forum Group Discussion. Dalam forum ini biasanya HRD akan memberikank suatu pokok masalah dan kita sebagai peserta akan diminta untuk memberikan solusi atas permasalahan yang disajikan.

Semakin aktif dan logis solusi yang kita utarakan semakin baik pula nilai kita.

Kemampuan menganalisa masalah dan merumuskan solusi merupakan skill yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Poin apa saja yang mendukung problem solving skill? diantaranya adalah kreativitas, research, manajemen risiko, kerjasama tim, dan berpikir kritis.

3. Kepemimpinan

Kepemimpinan atau leadership sangat penting dimiliki oleh setiap individu, meskipun kamu bukan di posisi manager atau direktur.

Leadership yang dimaksut disini tidak melulu fokus pada managemen staf atau anggota tim. Tapi bisa juga pada leadership pada diri sendiri, contohnya adalah mengoordinir postensi atau kemampuan yang dimiliki sehingga mampu mengambil keputusan yang terbaik.

Jika saat ini kita bekerja sebagai staff, tidak menutup kemungkinan cepat atau lambat kita akan naik jabatan. Sehingga otomatis kita akan memiliki bawahan dan disinilah peran skill leadership dibutuhkan. Tidak hanya untuk memerintah tapi juga bagaimana kita mendelegasikan tanggung jawab dan mentoringnya.

4. Adaptasi

Kemampuan adaptasi sangatlah penting terlebih jika kita bekerja diperusahaan yang belum pernah kita tahu sebelumnya. Bagaimana kita menyesuaikan dengan budaya perusahaan akan sangat menentukan kamu diterima atau tidaknya sebagai bagiani dari mereka.

Semakin cepat beradaptasi, maka akan semakin enjoy kita dalam bekerja. Bersikaplah terbuka dan turunkan ego yang kita miliki.

5. Etika kerja

Etika lebih pada cara bersikap dan berperilaku seorang individu dengan lingkungannya termasuk terhadap rekan kerja dan pekerjaan.

Etika kerja dapat berwujud integritas, kegigihan, manajemen waktu, menghargai pekerjaan rekan kerja, mendengarkan masukan rekan kerja, menghormati atasan dan team work.

Apakah kalian sudah apa itu Soft Skill?

Jika masih samar-samar mari kita simak tentang hard skill.

Apa Itu Hard Skill?

Menurut Karirpad.com hard skill merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Hard skill biasanya merupakan kemampuan spesifik dan menjadi salah satu deskripsi pekerjaan kamu kelak.

Hard skill juga merupakan kemampuan yang dapat dilatih dan dikuasai melalui program pendidikan akademis. Kemampuan ini dapat diukur dan dibandingkan dengan orang lain.

Apa contoh hard skill? Ilmu komputer, data analisis, desain grafis, marketing, programing, itu merupakan beberapa contoh kemampuan hard skill. Sudah tidak asing lagi bukan?

Pada saat kalian mau masuk jenjang sekolah menengah kejuruan atau perkuliahan kalian pasti akan diminta untuk memilih bidang apa yang akan diambil. Itu adalah proses memilih hard skill yang mau kita pelajari.

Hard skill sangatlah penting untuk menunjang kesuksesan karir di masa depan. Namun, hardskill tidak dapat berdiri sendiri tanpa soft skill. Keduanya saling mendukung satu sama lain.

Nah apakah sekarang sudah paham apa itu hard skill dan soft skill? Setelah membaca artikel ini tentu kita dapat menyimpulkan bahwa antara keduanya sangat penting, saling berkaitan dan mendukung. Sehingga tidak boleh hanya satu sisi saja yang menonjol.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan gambaran Sobat dalam menggapai cita-citanya. Good luck!


Tentang Gudangkarir.com

Gudangkarir.com merupakan platform berbagi info lowongan pekerjaan CPNS, lowongan BUMN, dan Lowongan Swasta baik lokal maupun nasional. Info lowongan kerja yang kami bagikan telah melalui review dan verifikasi melalui platform resmi perusahaan pemberi kerja. Selain berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan, gudangkarir.com juga membagikan tips, motivasi seputar dunia kerja.

[recent_post_slider design=”design-1″]

Soft skill & Hard skill, mana yang utama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *