Share this page

Menjadi anak muda yang mandiri secara financial merupakan impian bagi kebanyakan orang, salah satu caranya adalah dengan berbisnis atau berwirausaha.

Setiap orang dalam memulai usaha atau bisnis dipicu oleh banyak faktor yang berbeda-beda. Latar belakang keluarga, pendidikan, lingkungan dan financial menjadi unsur penting dalam faktor-faktor tersebut. Faktor ini juga bisa disebut sebagai motivasi atau suatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

Pada artikel kali ini kita akan membahas 5 macam motivasi seorang memulai usaha atau bisnis.

1. Bisnis untuk mencari uang

Motivasi yang paling umum dan pertama muncul pada kebanyakan orang adalah karena ingin mencari uang. Kondisi ini biasanya didasari karena faktor ekonomi yang kurang berkecukupan.

Motivasi ini muncul semata-mata untuk mencari uang guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Tak terkecuali mereka yang sudah tidak muda lagi, motivasi ini mendorong mereka agar dapat memenuhi kebutuhan hidup anak dan istrinya.

2. Ingin mendapatkan pengalaman

Motivasi yang kedua adalah keinginan mendapatkan pengalaman dengan berbisnis. Motivasi ini pada umumnya terjadi pada anak muda yang masih belum banyak beban tanggungan sehingga memiliki kesempatan yang luas untuk mencoba banyak hal, tanpa takut gagal.

Motivasi ini didasari oleh keinginan untuk mengetahui rasanya mencari uang sendiri, jatuh bangun menjalankan bisnis, dan serunya berinteraksi dengan hal baru untuk memperkaya pengalaman.

Bagi mereka yang memiliki motivasi ini, tidak khawatir soal besar-kecilnya keuntungan, bahkan jika terjadi kerugian sekalipun. Yang terpenting bagi mereka adalah bagaimana mendapatkan pengalaman berharga sebanyak-banyaknya.

Biasanya orang yang memiliki motivasi ini bukanlah mereka yang mengalami kesulitan ekonomi alias berkecukupan.

3. Karena Iseng-Iseng

Tidak sedikit anak muda yang memanfaatkan libur panjang menuju semester ganjil dengan mencoba berbisnis kecil-kecilan. Motivasi tersebut didorong karena keinginan untuk tetap produktif saat memiliki waktu luang yang cukup banyak.

Motivasi ini juga dapat diterapkan bagi kalian yang sedang menunggu panggilan kerja. Dengan memulai berbisnis kalian tidak akan merasa gelisah menunggu balasan lamaran kerja. Kalaupun tidak diterima kalian tetap dapat menghasilkan uang dari berbisnis sampingan ini. Banyak kisah wirausahawan yang dulunya hanya coba-coba, namun setelah diseriusin usahanya berkembang dan berhasil.

4. Karena Hobi

Berbisnis karena hobi memiliki sisi positif dan negatif. Menjalankan bisnis karena hobi bisa menjadi sesuatu yang baik karena secara naluriah akan dijalankan dengan penuh kecintaan. Namun disisi lain bisnis karena hobi mendatangkan efek yang tidak baik. Hal ini karena hobi biasanya ada saat-saat mood.

Terkadang adanya hobi membuat kita sangat bersemangat dalam menjalankan usaha, tapi kalau moodnya baru turun bisa jadi bisnisnya tidak dijalankan. Padahal dalam membangun sebuah bisnis yang paling penting adalah bagaimana bisnis tersebut dapat terus bertumbuh dan berkembang.

5. Keinginan untuk menjadi pengusaha

Membangun bisnis dilatar belakangi oleh keinginan untuk mengjadi pengusaha membutuhkan proses yang tidak singkat. Diperlukan didikan, tempaan dan pembelajaran sehingga pola pikir atau mindset yang terbentuk matang walaupun masih diusia muda.

Kesadaran akan keinginan menjadi pengusaha kebanyakan muncul dari keluarga yang memiliki latar belakang keluarga pengusaha, atau bisa datang dari mereka yang suka membaca buku motivasi tentang bisnis.

Anak muda yang memiliki latar belakang keluarga pengusaha biasanya sudah dididik sejak kecil bagaimana cara mengelola uang, investasi, berdagang dan membaca peluang. Sehingga tak jarang mereka yang memiliki latar belakang keluarga pengusaha sudah memiliki usaha saat masih di jenjang SMP.

Itulah 5 macam motivasi yang melatarbelakangi anak muda dalam berbisnis. Kalian termasuk yang nomor mana Sob? Tulis di kolom komentar ya! semoga artikel ini dapat memberikan gambaran kepada kalian yang ingin memulai bisnis.

Kenali motivasimu agar bisnis yang kamu jalankan terus berkembang dan menjadi jalan rezeki yang penuh berkah. Good luck!

Memulai Bisnis di Usia Muda! Kenali Dulu Motivasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *