Pengalaman interview kerja yang membuat deg-degan, ketika kamu ditanya “berapa gaji yang anda inginkan?”. Pertanyaan yang terasa menakutkan bagi kamu yang baru pertama kali mengikuti interview. Namun, kalau kamu tidak berani menjawab, maka gaji kamu kemungkinan tidak sesuai dengan harapanmu.

Beberapa tips untuk menjawab pertanyaan tentang gaji yang kamu inginkan supaya kamu lancar menjawab, sebagai berikut:

Jawab Jujur

Kamu perlu tahu bahwa dalam interview kejujuran adalah penting. Supaya kamu tidak mengalami kendala ketika bekerja. Kejujuran juga penting saat ditanya gaji yang diinginkan. Jika kamu sudah pernah bekerja, maka kamu bisa menjawab sesuai dengan gaji yang diterima di tempat kerja sebelumnya. 

Kamu tidak perlu takut jika gajimu tidak akan mengalami peningkatan yang sesuai. Kemungkinan besar, pewawancara sudah mereka-reka gaji yang akan diberikan padamu. Kamu hanya perlu menjawab jujur tanpa keraguan.

Percaya Diri

Ketika kamu menjawab pertanyaan gaji yang diinginkan. Hal yang perlu kamu ingat adalah kamu memiliki kemampuan. Rasa percaya diri dapat membantu kamu melewati waktu interview dengan baik. Yakinlah, kamu akan diapresiasi sesuai dengan kemampuanmu dan juga kerja kerasmu.

Teliti Sebelum Menjawab

Sebelum menjawab pertanyaan terkait dengan gaji yang kamu inginkan, kamu harus mencari informasi terkait gaji yang biasanya diberikan untuk pekerjaanmu. Hal ini bisa dijadikan sebagai landasan untuk memberikan jawaban jika ditanya berapa gaji yang diinginkan. 

Mengetahui rata-rata gaji yang biasa diberikan untuk pekerjaanmu, dapat membuatmu lebih percaya diri untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jadi, siapkan diri sebelum berperang.

Berikan Jawaban Normatif

Menjawab pertanyaan, “berapa gaji yang anda inginkan?” memerlukan keberanian dan strategi. Tidak jarang, kamu akan merasa gugup karena takut jumlah yang kamu inginkan terlalu tinggi. Nah, supaya kamu tidak merasa gugup. Kamu bisa menjawab dengan jawaban normatif. 

Kamu bisa menjawab dengan memberikan contoh langsung dengan menyebutkan nominal gaji pada perusahaan tertentu yang sesuai dengan pekerjaanmu. Hal ini dapat membantumu menyampaikan jawaban yang baik dan kemungkinan besar diterima oleh pewawancara. Kamu tidak perlu ragu, jawab secara normatif saja.

Berani Menjelaskan

Ketika kamu sudah menjawab pertanyaan gaji yang kamu inginkan. Kamu bisa memberikan penjelasan tambahan. Ceritakanlah pengalaman kerjamu, supaya bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan mengenai nominal gajimu.

Kamu juga bisa menambahkan cerita tentang kepribadianmu, hal ini dapat membantu mempertimbangkan nominal gajimu.

Sekarang, kamu tidak perlu takut untuk menjawab pertanyaan “berapa gaji yang anda inginkan?”. Kamu harus menjawab pertanyaan itu dengan tegas,  jujur, cerdas dan tentunya percaya diri. Jika kemampuanmu bagus, maka kamu tidak perlu khawatir tentang gaji dan kontrak kerja. Semangat interview ya.

Tips Menjawab Pertanyaan “Berapa Gaji yang Anda Inginkan?” Saat Interview Kerja

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.