Share this page

Apakah kamu ingin membuka peluang usaha? Mungkin bisnis ini bisa menjadi solusi buat kamu. Tentunya banyak dari kalian yang tidak asing dengan kata “Franchise”. Akan tetapi tahukah kamu arti dan maksud dari kata tersebut. Yuk simak penjelasan dibawah ini terlebih dahulu, supaya kamu tidak salah mengartikannya.

Apa itu Franchise?

Franchise adalah salah satu bisnis yang dimiliki dan dijalankan oleh individu yang berbeda dengan menggunakan nama brand yang sama. Sehingga brand tersebut tampak besar, dan memiliki cabang dimana mana (hingga luar negri).

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Indonesia No. 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bisnis Waralaba, franchise merupakan hak khusus yang dimiliki seseorang terhadap sistem bisnis dengan adanya ciri khas dalam memasarkan produk baik barang maupun jasa yang terbukti berhasil. Dan dapat dipakai oleh pihak lain sesuai dengan perjanjian waralaba yang telah disetujui.

Pengertian mudahnya adalah kamu membeli nama suatu brand yang terkenal, secara otomatis kamu juga mendapat material yang bersangkutan dengan brand tersebut. Seolah olah kamu membuka cabang brand tersebut di daerah/kota yang sedang kamu tinggali. 

Istilah dalam Bisnis Franchise:

  1. Franchisor adalah pihak yang memberi waralaba atau perseorangan yang memberikan hak kepada orang lain untuk bisa memanfaatkan hak suatu brand serta material yang berhubungan dengan brand terkait.
  2. Franchisee adalah pihak yang menerima waralaba dari Franchisor atau perseorangan yang bisa memanfaatkan hak suatu brand untuk kekayaan intelektual.
  3. Franchise Fee adalah biaya awal yang harus kamu keluarkan sebelum memulai bisnis waralaba.
  4. Royalty Fee  adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap bulan setelah bisnis waralaba tersebut beroperasi. Biasanya seorang Franchisor menetapkan Royalty Fee dengan biaya yang beragam, sesuai dengan persentase penghasilan yang didapat oleh Franchisee

Kelebihan dan Kekurangan Franchise

Kelebihan:

  1. Produk dan sistem sudah terstandar
  2. Tersedianya pengawasan dan konsultasi bisnis
  3. Adanya pengurangan resiko
  4. Memiliki kemasan produk yang sama/berseragam
  5. Periklanan nasional dan iklan tertata dengan baik
  6. SOP sudah tersedia
  7. Adanya bantuan pemasaran dan penjualan
  8. Terdapat panduan pada pemilihan lokasi pemasaran

Kerugian:

Dibalik banyaknya kelebihan yang bisa kamu dapat, ternyata bisa jadi bisnis ini tidak cocok untuk kamu. Karena bisa jadi sistem bisnis tersebut belum sebaik bisnis lainnya. Seperti lemahnya dalam menangani masalah, tidak bisa melatih kamu dalam menangani sebuah tantangan. Dan kontrak yang terlalu mengikat sehingga kamu tidak bisa bebas dalam mengendalikan bisnis yang kamu pegang.

Pada bisnis waralaba tidak hanya mendapatkan keuntungan, akan tetapi bisa juga kerugian yang kamu dapatkan. Tentunya setiap brand memiliki perjanjian yang berbeda beda, tinggal kamu lebih cocok dengan brand yang mana.

Apa itu Franchise? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *