Share this page

Sering disamakan, padahal jelas terdapat perbedaan cv dan resume. Sebelum kamu melamar kerja dan mulai terikat kontrak kerja secara profesional, wajib hukumnya kamu tahu perbedaan antara kedua berkas lamaran kerja tersebut. Karena akan berdampak besar pada surat lamaran kerja yang kamu ajukan ke perusahaan.

Meskipun CV dan resume sama-sama digunakan oleh perekrut atau HRD perusahaan dalam menyeleksi, mengevaluasi dan menyaring pelamar. Seleksi sesuai kompetensi dan bakat yang memiliki relevansi dengan lowongan yang dilamar. Tetapi terdapat perbedaan yang kentara di antara keduanya.

CV atau Curriculum Vitae dan resume memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing dalam pengajuan lamaran kerja. Langsung saja ke pembahasan, berikut adalah perbedaan antara cv dan resume yang wajib kamu pahami. 

Perbedaan CV dan Resume

Isi Kedua Dokumen

Terdapat perbedaan yang jelas pada aspek ini. Curriculum Vitae berisi penjelasan identitas diri, kontak yang dimiliki, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, deskripsi pekerjaan, prestasi dan capaian baik dalam bidang akademis maupun profesi, sampai latar belakang pendidikanmu.

Sedangkan untuk resume sendiri, isinya adalah informasi mengenai kualifikasi, kemampuan dan pengalamanmu dalam bekerja. Yang nantinya akan disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang hendak kamu lamar.

Tujuan Ditulisnya Kedua Dokumen

Perbedaan CV dengan resume berikutnya adalah pada tujuan dituliskannya masing-masing dokumen. Curriculum Vitae dituliskan untuk menjelaskan Riwayat hidup secara kronologis selengkap mungkin. Karena itulah dalam cv juga terdapat Riwayat Pendidikan dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi serta program studi yang kamu ambil.

Masih perbedaan cv dan resume dalam tujuan, resume dituliskan dengan tujuan untuk mempromosikan dirimu sendiri secara singkat. Dan buktinya dengan kualifikasi, kemampuan dan pengalaman kerja yang kamu tulis di dalamnya. Juga dalam menulis resume, kamu bisa menyesuaikan diri dengan posisi kerja yang hendak kamu lamar.

Panjang Kedua Dokumen

Merupakan perbedaan yang sangat kentara antara cv dan resume. Curriculum Vitae bisa sampai dua halaman atau lebih, karena berisikan informasi mengenai kehidupan, bahkan dari awal menempuh dunia Pendidikan.

Sedangkan resume rata-rata panjangnya hanya satu halaman, karena isinya yang merupakan kualifikasi, kemampuan dan pengalamanmu sebagai pelamar, dituliskan secara singkat dan padat.

Fungsi dari Kedua Dokumen

Bedanya cv dan resume yang terakhir adalah dalam fungsinya. Curriculum Vitae difungsikan untuk meyakinkan perekrut bahwa kamu memiliki kemampuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menempati posisi pekerjaan yang kamu lamar. 

Sedangkan pada resume, fungsi keberadaannya adalah untuk menunjukkan kualifikasi, kemampuan dan pengalaman kerja yang kamu milik selaku pelamar kerja.

Itulah perbedaan CV dan resume yang wajib kamu pahami sebelum membuat keduanya kemudian melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Jangan sampai karena mengira keduanya sama, konten yang berada dalam CV kamu tuliskan Kembali dalam resume, karena pihak penyeleksi besar kemungkinan akan menolaknya.

Perbedaan CV dan resume, Fungsi masing masing

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *