Share this page

Well Hallo Sobat Loker Jogja di Manapun Sobat berada. Kali ini admin bakal berbagi info seputar surat lamaran kerja. Buat Sobat yang sudah pernah berhasil diterima kerja ataupun sudah beberapa kali melakukan lamaran kerja tentu sudah tidak asing lagi yah. So tulisan kali ini admin mau berbagi khusunya buat Sobat yang baru mau lamar kerjaan.

Nah sepenting apa sih surat lamaran kerja itu dalam berkas lamaran? karena ada lho yang ngelamar kerjaan tapi eh malah lupa nyantumin surat lamaran. Padahal berkas lain seperti cv, FC ijazah, sertifikat pendukung lengkap Sob. Nah lalu apa sih pentingnya surat lamaran kerja? Skuy langsung aja gak pake lama

1. Sebagai Dokumen Pengantar

Surat lamaran kerja ini fungsi pertamanya adalah sebagai surat atau dokumen pengantar yang menyatakan maksut dan tujuan sobat. Ibaratnya tuh Sobat mau ngelamar doi eh tapi gak pake omongan. Cuma dateng bawa mas kawin doang. Kalau begini kan bingung si calon mertua ini mau ngapain bocah? serius apa enggak? hehee itu ibarat kasar aja sih Sob. Tapi sih intinya surat lamaran seperti itu yah sebagai pengantar maksut dan tujuan sobat mau ngapain.

2. Menunjukkan Posisi yang Sobat Lamar

Nah, bagian sini kadang banyak lupa juga Sob. Penting sekali dalam surat lamaran mencantumkan atau menyebutkan posisi mana yang mau kita lamar Sob. Apakah sobat mau melamar posisi HRD, Staff keuangan, Admin atau bagian mana? Di sini lah pentingnya surat pengantar itu ada Sob. Yah kalau misal posisi lowongan hanya dibuka untuk satu bagian masih bisa dimaklumin sih, tapi kalau perusahaan membuka banyak posisi jabatan maka sayang sekali sobat bisa kehilangan kesempatan. So jangan pernah lupa untuk menyebutkan posisi jabatan yang ingin sobat lamar.

3. Menerkan Kelengkapan Berkas


Apa sih maksutnya menerkan kelengkapan berkas? Jadi di dalam surat lamaran kerja itu kita perlu juga untuk menuliskan kelengkapan berkas yang kita lampirkan apa saja. Misalnya ada CV, FC ijazah, Sertifikat keahlian, Foto, dan lain sebagainya. Nah dengan begitu sobat juga bisa mastiin lagi apakah syarat kelengkapan yang diminta sudah memenuhi atau belum. Karena perusahaan besar biasanya ketat akan persyaratan Sob.

Nah kurang lebih itu tiga fungsi pentingnya surat lamaran kerja, dan buat admin ini wajib ada yah ketika mau ngelamar kerja dimanapun. Lalu seperti apa contoh surat lamaran kerja itu? Disini admin bakal kasih contoh nya. Sobat bisa download dan sesuaikan dengan kebutuhan sobat. Kalau ada yang kurang silahkan bisa dibenahin sendiri ya Sob. Semoga bermanfaat. Klik disini untuk download

Download Template Surat Lamaran Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *