Istilah profesi memang beragam adanya, saat ini kamu perlu tahu soal work life balance sebagai patokan ketika kamu jadi karyawan di suatu perusahaan. Musabab ini perlu dibahas agar tak menjadi ambition man of work, maka perlu memahami secara detail dan jelas.

Pertama, apa sih yang kamu ketahui tentang bekerja dan apa arti bekerja dalam hidup kamu? Kadang kata itu terlupakan namun memiliki dampak yang besar, artinya kamu perlu memahami arti bekerja untuk hidup.

Nah, kali ini kami akan menyajikan pentingnya work life balance terhadap profesi kamu saat ini. Dimana masih banyak yang belum memahami tentang keseimbangan antara pekerjaan dan hidup yang mestinya dijalani dengan baik.

Work Life Balance: Patokan Karyawan dan Stimulus Ketenangan Jiwa

Banyak sekali yang ingin tahu soal work life balance, ada juga yang sudah mempraktikkan namun belum mencapai kepuasan batin. Bisa saja kamu sedang mempelajari agar hidup dan pekerjaan kamu tidak terlalu berat sebelah.

Biasanya, ini dialami para karyawan perusahaan dan pekerja kantoran, dimana waktu yang terkuras demi pekerjaan sampai melupakan kesehatan fisik dan psikis yang begitu penting. Maka, perlu adanya waktu senggang untuk istirahat dan chill-out sekedar merelaksasi tubuh agar lebih nyaman dan bugar.

Pekerjaan yang terkait dengan kontrak kerja menyebabkan para karyawan sulit mendapat waktu senggang, apalagi kontrak tersebut memiliki shift kerja yang cukup lama dan memakan waktu istirahat. Maka dari itu, sebagai karyawan perlu memahami dan cerdas mencuri waktu dalam pekerjaan.

Pembiasaan Work Life Balance Dimulai dari Hari Libur

Mungkin banyak orang mengatakan hari libur adalah merdeka, bagi sebagian orang hari libur bisa berubah arti menjadi penjara dan sebagainya. Dari hari libur, kamu perlu melakukan relaksasi. Relalsaso bisa seperti olahraga, berkumpul dengan keluarga atau teman, atau bisa dipakai untuk istirahat sambil menonton film kesukaan.

Dilansir dari situs kesehatan, memang perlu ada waktu relaksasi untuk karyawan yang bekerja lebih dari 8 jam. Sehingga di Indonesia, work life balance ini sering digemakan oleh beberapa komunitas pekerja.Hal ini dilakukan agar mendapat asupan semangat kerja dan memperbaiki etos kerja.

Kamu pernah mendengar salah satu perusahaan Jepang atau Korea di Indonesia yang melakukan tur liburan untuk seluruh karyawan? Hal ini dilakukan untuk menyegarkan jiwa semangat kerja dan membentuk kekeluargaan dalam perusahaan. Hal seperti ini bisa memengaruhi kinerja karyawannya agar lebih produktif dan profesional.

Cukup istirahat dan tidur sejenak memang membantu memperbaiki kinerja tubuh dan otak, namun kamu perlu gunakan waktu libur sebagai stimulus kinerja positif yang membuat tubuh lebih aktif. Ini perlu dijadikan kegiatan rutin bagi kamu yang jadi karyawan.

Penggunaan worklife balance yang baik ini juga sangat memengaruhi waktu harmonis untuk keluarga dan pertemanan, dimana dalam penggunaannya bisa memperbaiki hubungan baik terhadap keluarga dan teman.

Hal ini juga menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh para karyawan Indonesia. Dengan alasan bahwa bekerja untuk hidup berarti menghidupi pekerjaannya dengan unsur kehidupan. Misalnya seperti hubungan sosial, perbaikan psikis untuk penyemangat dan menambah motivasi kerja yang efektif.

Pentingnya Work Life Balance Bagi Karyawan!

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.