Share this page

Gaji merupakan komponen penting yang perlu kamu pikirkan. Karena gaji yang kita terima secara rutin sebenarnya tidak hanya dilihat dari sudut pandang pengeluaran sehari-hari saja. Kamu berhak melakukan negosiasi kepada atasan tentang berapa gaji yang sesuai baik dalam pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan yang kamu miliki. Bagi kamu yang masih bingung untuk menemukan cara nego gaji yang tepat, lancar, dan tentunya berhasil. Kamu dapat menggunakan 8 tips ampuh agar nego gaji berhasil dibawah ini:

8 Tips Ampuh Agar Nego Gaji Supaya Berhasil

Melakukan Riset Nominal Gaji

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan melakukan cek range dan nominal gaji yang akan dinegosiasikan dengan cara mengecek Upah Minimum Provinsi (UMP) terbaru sesuai wilayah kerja. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pencarian di google menggunakan kata kunci sesuai jabatan pekerjaan. 

Memahami Skill atau Kemampuan yang Dimiliki

Selanjutnya, anda harus memahami seberapa besar kemampuan yang dimiliki sesuai dengan bidang atau jabatan pekerjaan anda. Dalam melakukan negosiasi nantinya, anda dapat mengatakan semua tentang dan kemampuan yang dimiliki. 

Pastikan semua tanggung jawab terpenuhi

Sebelum melakukan negosiasi kenaikan gaji, kamu harus memastikan bahwa seluruh tugas dan kewajiban terkait posisi pekerjaanmu sudah diselesaikan dengan baik. Ini merupakan hal yang sangat krusial karena dalam melakukan negosiasi gaji, hal yang pertama ditanyakan HRD adalah memastikan bahwa tanggung jawab pekerjaan sudah tuntas sesuai standar.

Memilih Range Gaji Tinggi dengan Tetap Masuk Akal

Pihak perusahaan biasanya menurunkan gaji dari nominal yang kamu tawaran pertama kali. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui range nominal gaji untuk posisi kamu terlebih dahulu. Setelah itu berikanlah penawaran nominal harga yang tinggi.

Persiapkan Jawaban yang Rasional

Saat akan melakukan negosiasi gaji dengan atasan, hal yang harus kamu ketahui dan persiapkan yaitu tentang dasar alasan yang mendorong kamu melakukan negosiasi itu. Dasaran tersebut disandingkan dengan bukti-bukti konkret yang kamu miliki seperti sertifikat pelatihan khusus, keahlian dan keterampilan dan pencapaian tertentu. Dengan hal tersebut, kamu dapat meyakinkan atasan atas proses negosiasi itu.

Menentukan Waktu Negosiasi yang Tepat

Cara nego gaji ini dapat dikatakan sebagai hal yang simpel, tetapi mempunyai pengaruh yang besar pula. Jika perusahaan sudah memiliki periode tertentu dalam kenaikan gaji, maka lakukanlah sesuai dengan waktu yang ada. Tetapi jika perusahaan yang tidak pernah ada periode kenaikan gaji, maka kamu harus memberanikan diri menyampaikan kepada atasan di waktu dan situasi yang tepat pula.

Menghindari untuk Menceritakan Tentang Masalah Pribadi

Ketika kamu mempunyai banyak masalah keuangan dalam hidup yang mendorong anda harus memiliki kenaikan gaji, maka hal tersebut janganlah disampaikan kepada atasan pada proses negosiasi. Dikarenakan permasalahan tersebut tidak etis untuk digunakan sebagai dasaran saat meminta kenaikan gaji, cukup berkaitan dengan hal-hal pekerjaan saja.

Mengantisipasi hasil keputusan baik maupun buruk

Cara nego gaji yang telah anda persiapkan sedemikian rupa tentunya tidak menjadi jaminan pasti akan berhasil. Negosiasi gaji betul sebagai hak karyawan, akan tetapi tidak selalu dapat dilakukan dengan mudah, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan atasan.

8 Tips Ampuh Cara Nego Gaji

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *