Share this page

Dengan banyaknya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi dan pekerjaan yang menumpuk banyak, seringkali membuat kamu ingin meminta kenaikan gaji kepada atasan. Selain itu, saat kamu merasa dengan percaya diri bahwa performa kerjamu sudah sangat baik, hal tersebut bisa saja kamu lakukan, akan tetapi tentu kamu harus memperhatikan beberapa hal agar permintaan kamu bisa diterima. Berikut cara meminta kenaikan gaji yang baik kepada atasan yang bisa kamu ikuti caranya.

Melakukan Persiapan

Sebelum meminta kenaikan gaji kepada atasan, kamu harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Lalu, sebenarnya persiapan apa saja  yang harus kamu lakukan? Yang pertama dan utama, kamu bisa menuliskan sebuah catatan atau menyiapkan data capaian kerja kamu selama beberapa bulan terakhir. Sehingga atasan bisa mengetahui grafik kinerja kamu. Kemudian, kamu juga menyiapkan data sebagai bukti kinerja dan performa kamu selama ini. Bukan hanya performa baik yang kamu tunjukkan, kamu juga perlu memberikan bukti kinerja kamu selama ini. Selain itu, kamu bisa menyiapkan alasan kuat mengapa kamu ingin meminta kenaikan gaji, ceritakan apa yang melatar belakangi kamu mengajukan hal tersebut. Lalu yang terakhir, kamu harus sudah siap mengajukan berapa besaran nominal kenaikan gaji yang kamu inginkan saat membicarakannya dengan atasan. Hal-hal tersebut bisa kamu persiapkan terlebih dahulu agar nantinya dapat berjalan lancar.

Jangan Mendadak

Cara meminta kenaikan gaji selanjutnya adalah jangan mendadak. Ketika kamu ingin meminta kenaikan gaji kepada atasanmu, jangan melakukan hal tersebut secara mendadak. Menurut seorang pakar pengembangan karir, Ketika kamu ingin meminta kenaikan gaji dan melakukan pembicaraan kepada atasan, kamu bisa menyiapkannya beberapa bulan sebelumnya dan mulai dari sekarang menunjukkan performa terbaik kamu saat bekerja. Dengan adanya performa dan kinerja yang baik, hal itu bisa menjadikan salah satu alasan kuat kamu meminta kenaikan gaji. 

Memilih Waktu yang Tepat

Ketika kamu ingin meminta kenaikan gaji kepada atasan, sebaiknya kamu memilih waktu yang tepat. Agar permintaan tersebut bisa diterima dan dikabulkan. Kapankah waktu yang tepat itu? Kamu bisa membicarakannya saat evaluasi tahunan karena di momentum tersebut biasanya perusahaan akan melakukan evaluasi kerja karyawan. Bila ada karyawan yang resign dsb hal tersebut bisa mendukung kelancaran rencanamu. Jangan membicarakan kenaikan gaji saat perusahaanmu sedang mengalami keuangan yang buruk atau saat mengalami transisi pergantian pemimpin. 

Itulah cara meminta kenaikan gaji yang baik kepada atasan yang bisa kamu ikuti langkah-langkah dan tips-tipsnya. DIkarenakan saat kamu ingin meminta kenaikan gaji, kamu perlu menyiapkan persiapan dan alasan yang matang. Agar kenaikan gaji yang kamu inginkan bisa diterima oleh atasan kamu dan berlaku untuk pekerjaan sampingan yang kamu miliki. Selamat mencoba.

Cara Meminta Kenaikan Gaji Yang Baik Kepada Atasan

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.