Bekerja setiap hari dengan berbagai tekanan dan rutinitas yang cukup monoton, bisa menyebabkan stress bagi para pekerja. Bukan hanya itu, adanya deadline yang mepet, pekerjaan yang menumpuk, dan tugas yang memusingkan kepala semakin mudah mendorong seseorang stress karena pekerjaan tersebut. Maka dari itu, kamu perlu beberapa cara mengatasi stress kerja dengan mengikuti cara berikut ini.

Memulai Hari dengan Senyuman

Tiba di hari senin, biasanya banyak orang yang mengeluh karena harus kembali ke rutinitas awalnya. Akan tetapi untuk mengatasi stress karena pekerjaan kamu bisa merubahnya dengan menerapkan mind set baru yaitu memulai hari dengan senyuman dan kebahagiaan bukan dengan keluhan. Afirmasi positif terhadap diri sendiri sebelum melakukan hal-hal yang berat memang diperlukan untuk menjaga kesehatan seseorang baik fisik maupun mental, terutama bagi kamu yang sudah merasa tertekan oleh pekerjaan. Kamu bisa mencoba afirmasi positif itu dengan tersenyum saat mengawali hari. Ketika memulai hari dengan senyuman, kamu juga akan lebih bersemangat untuk menjalani harimu.

Menjauhi Konflik atau Masalah di Kantor

Cara mengatasi stress kerja berikutnya yaitu dengan menjauhi konflik atau masalah di kantor. Sebagai seorang pegawai atau pekerja, kamu harus menjauhi hal-hal yang bisa menjadi konflik dan masalah di kantor. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja yang kamu miliki dan menjadikan suasana tempatmu bekerja tidak nyaman. Padahal kenyamanan dalam bekerja sangat dibutuhkan agar seseorang bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Selain itu menjalin hubungan yang baik dengan relasi kerja sangat penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, kamu jangan membuat suatu masalah yang bisa menjadi bumerang bagi diri kamu sendiri. Bahkan juga bisa merugikan orang lain di tempat kamu bekerja.

Menggunakan Efisiensi Waktu

Menggunakan waktu dengan efisien dapat menjadi salah satu cara agar kamu terhindar dari stress karena sebuah pekerjaan. Ketika kamu menggunakan efisiensi waktu saat bekerja. Kamu akan lebih mudah melakukan beberapa hal yang harus kamu lakukan dan mengerjakan tugas yang diberikan dengan lebih tenang. Untuk menciptakan efisiensi waktu tersebut kamu perlu membuat perencanaan apa saja yang akan kamu lakukan dan target apa saja yang ingin kamu capai hari ini sebelum masuk waktu bekerja. Kemudian kamu harus belajar mendisiplinkan diri on time atau minimal tidak terlambat saat berangkat bekerja maupun mengerjakan tugas sesuai deadline yang diberikan.

Itulah beberapa cara mengatasi stress kerja yang bisa kamu lakukan bahkan saat itu pekerjaan sampingan. Cara-cara tersebut bisa kamu mulai dari diri kamu sendiri. Sehingga kamu memerlukan effort lebih untuk berubah dan menciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman demi mengatasi stress yang bisa kamu alami karena pekerjaan yang kamu miliki. 

Cara Mengatasi Stress Kerja Akibat Pekerjaan

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.