Share this page
Strategi bisnis kopi kenangan
CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirta (sumber : merdeka.com)

Kopi Kenangan kini telah menjadi perusahaan Startup New Retail F&B Unicorn pertama di Indonesia setelah berhasil mendapatkan pendanaan seri C senilai $96 Juta atau setara dengan 1,3 triliun rupiah.

Dengan bertambahnya pendanaan tersebut, Kopi Kenangan mengumumkan telah mencapai nilai valuasi sebesar $1 miliar.

Perjalanan Kopi Kenangan menjadi perusahaan yang dapat menyandang gelar unicorn bukanlah hal yang gampang. Diperlukan strategi jitu dan konsistensi dalam membangun brand.

Pada artikel kali ini, gudangkarir akan membahas 6 strategi bisnis yang diterapkan management Kopi Kenangan sehingga dapat mengembangkan sayap bisnis sampai seperti sekarang.

Strategi Bisnis Kopi Kenangan

Berbicara tentang strategi maka tidak lepas dari peran orang-orang di dalamnya, salah satunya adalah pemilik sekaligus CEO Kopi Kenangan yaitu Edward Tirtanata.

Lalu apa saja strategi bisnis Kopi Kenangan sehingga bisa melejit seperti sekarang ini?

1. Pemilihan Target Pasar

Edward, bersama dengan pendiri lainnya yaitu James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa menarget celah pasar di Indonesia, yaitu antara kopi mahal yang di sajikan oleh brand luar seperti starbuck dan kopi instan yang dijual di warung-warung.

founder kopi kenangan
Sumber : Merdeka.com

Segmen pasar menengah dilirik karena masih sedikitnya kompetitor di dalamnya, sehingga peluang masih terbuka sangat lebar.

Pemilihan segemen pasar merupakan hal yang sangat penting dikarenakan menjadi dasar untuk menentukan strategi lainnya seperti branding dan marketing.

2. Pemilihan Nama Brand

Strategi pemilihan nama brand kopi kenangan
Gerai Kopi Kenangan

Strategi bisnis Kopi Kenangan yang kedua yaitu tentang pemilihan nama brand. Pemilihan nama “Kopi Kenangan” tergolong sangat simpel, unik, kekinian dan mudah diingat oleh siapapun, terlepas dari filosofi di dalamnya.

Siapa yang tak kenal istilah “kenangan”? semua orang pasti dekat dengan istilah itu. Pemilihan kata yang familiar membuat konsumen tidak ragu untuk mencobanya.

Disini kita dapat mengambil poin bahwa pemilihan nama sebuah brand tidak boleh sembarangan. Penggunaan nama yang sederhana dan dekat dengan masyarakat memudahkan produkmu di ingat oleh semua orang.

Baca Juga : 14 Strategi Marketing Jitu untuk UMKM

3. Implementasi Teknologi

Dalam mengembangkan jaringan bisnisnya, Kopi Kenangan tidak ragu untuk mengimplementasikan kecanggihan teknologi.

Kopi Kenangan mengadopsi teknologi baik dari sisi pelayanan maupun proses produksi. Dari sisi layanan, Kopi Kenangan telah menghadirkan aplikasi bebasis smartphone dengan nama “Kopi Kenangan”. Melalui aplikasi ini pelanggan bisa menemukan berbagai penawaran menarik hanya di gengaman ponsel.

Selain itu, Kopi Kenangan juga bergabung dalam komunitas Online Delivery seperti GoFood, Grab Food, dan sejenisnya.

Kecanggihan teknologi yang lain terletak di peralatan produksi kopi. Kopi Kenangan mengadopsi pemakaian mesin kopi modern yang canggih untuk mempertahankan kualitas produk agar tetap memuaskan.

Di sini kita dapat belajar bahwa, implementasi teknologi sangat penting untuk diterapkan. Bisnis yang mampu beradaptasi dengan kecanggihan teknologi dialah yang paling bisa survive dan berkembang.

4. Konsistensi Menjaga Kualitas

Berbicara tentang kualitas, Kopi Kenangan tidaklah main-main. Untuk menjaga agar kualitas tetap baik dan konsisten, Kopi Kenangan berani berinvestasi peralatan kopi yang canggih dan modern.

Tidak hanya dari sisi peralatan yang canggih saja agar memiliki standar dan cita rasa kopi yang baik. Melainkan dari sisi pekerjaanya juga. Tahun 2020 Kopi Kenangan meluncurkan pusat training yang memberikan fasilitas kepada karyawan berupa pelatihan sistem pembayaran, operasional gerai, dan customer service.

Melalui Kenangan Academy, karyawan baru akan dibekali segala hal sebelum terjun langsung meracik kopi di gerai mereka. Dengan demikian, semua karyawan sangat terampil di bidangnya masing-masing.

Sinergi dari sistem, kompetensi karyawan, dan peralatan yang memadai itulah yang menjadi kunci dari terjaganya kualitas atau mutu produk Kopi Kenangan.

5. Terus Berinovasi

Di dunia bisnis, inovasi adalah kata kunci yang melekat agar terus bisa terus tumbuh dan berkembang. Seperti halnya yang dilakukan oleh Kopi Kenangan. Kedai kopi satu ini terus menghadirkan inovasi yang mampu menarik hati konsumen.

Sisi inovasi di Kopi Kenangan contohnya dengan meluncurkan seri minuman, merchandise untuk mendukung minum kopi seperti tumbler.

Tidak berhenti di situ saja, kini Kopi Kenangan melalui Kenangan Group menghadirkan Cerita Roti yang menawarkan makanan pendamping kopi. Kemudian di tahun 2021, Kenangan Group kembali menghadirkan produk makanan baru bernama Chigo.

6. Strategi Harga

Sesuai dengan target pasar utama yaitu kalangan menengah, Kopi Kenangan menaruh harga yang relatif ramah di kantong.

Strategi harga ini bersifat mass market artinya harga produk disesuaikan dengan standar yang berlaku bagi masyarakat luas, buka untuk golongan tertentu saja.

Dengan harga yang relatif terjangkau, pelanggan tidak akan ragu untuk menukarkan uang mereka dengan segelas kopi.

Strategi ini tentu dapat menarik kalangan menengah ke atas dan menengah ke bawah karena sekalipun ramah di kantong tapi memiliki kesan premium.

7. Jalin Investor

Keberhasilan Kopi Kenangan dalam mengembangkan sayap bisnisnya seperti sekarang tidak lepas dari peran investor.

Sampai dengan Desember 2021, Kopi Kenangan telah berhasil mengumpulkan dana investor sekitar $240 juta sejak tahun 2018. Sehingga total valuasinya telah sampai $1 miliar.

Siapa saja investor di balik Kopi Kenangan? Dikutip dari finance.detik.com beberapa perusahaan yang berinvestasi di Kopi Kenangan yaitu Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, dan invester terbaru yaitu Falcon Edge Capital.

Keterbukaan pemilik Kopi Kenangan untuk berbagi kursi kepemilikan dengan para investor tentu adalah pilihan yang tepat untuk sehingga pertumbuhan perusahaan sangat pesat.

Jika kamu adalah pemilik bisnis yang punya visi jauh kedepan, lebih memilih menjalankan usaha sendiri atau mencari partner? Tulis di kolom komentar ya!

Nah itulah 7 strategi bisnis yang diterapkan di Kopi Kenangan. Bagaimana, menarik bukan?

Apa yang dapat kita petik dari poin-poin diatas? Yup, strategi adalah kunci.

Strategi dalam berbisnis adalah hal yang sangat penting dan mempengaruhi keberlangsungan usaha yang sedang kamu jalankan. Tanpa adanya strategi yang matang, usaha akan rentang mengalami kerugian bahkan ke bangkrutan.

Strategi bisnis Kopi Kenangan dapat kamu adopsi di usaha yang sedang kamu jalankan.

Semoga berhasil!

7 Strategi Bisnis Kopi Kenangan Hingga Jadi Unicorn F&B Pertama di Indonesia

Maulana Amrullah

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.