Share this page
divisi di lingkungan kerja

Lingungan kerja merupakan segala sesuatu baik berbentuk fisik maupun non fisik yang menunjang produktivitas dalam bekerja.

Dimanapun kita bekerja, apapun pekerjaan kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya lingkungan kerja.

Nah pada artikel kali ini akan fokus membahas sumber daya manusia yang merupakan salah satu unsur lingkungan kerja.

Sumber daya manusia atau biasa yang dikenal sebagai SDM biasanya bekerja dalam kelompok atau TIM atau Divisi. Namanya fleksibel bergantung dari managemen perusahaan.

Setiap divisi memiliki tugas masing-masing yang saling mendukung untuk menjalankan roda perusahaan.

Mengapa kita perlu mengenal divisi di perusahaan? Sederhana, tak kenal maka tak paham. Pengetahuan ini merupakan bekal agar kita lebih mudah beradaptasi ketika masuk di lingkungan kerja

Ketika kita telah bergabung dalam sebuah tim dalam perusahaan mau tidak mau kita harus bekerja secara sinergi dengan TIM lain.

Mengenal tugas umum dari setiap divisi juga merupakan hal yang sangat penting dan mendasar agar pekerjaan kita efektif dan efisien.

Lalu apa saja sih macam-macam divisi di perusahaan itu?

1.DIVISI HRD

Human resource development atau yang sering dikenal HRD merupakan divisi dalam perusahaan yang bertanggung jawab pada pengelolaan sumber daya manusia, karyawan ataupun pekerja.

Secara umum tugas pokok divisi HRD adalah

A. Recruitmen dan Seleksi

Recruiment dan seleksi merupakan proses mencari talenta baru atau karyawan baru dalam perusahaan. Segala hal yang berkaitan dengan seleksi pegawai akan diurus oleh divisi HRD.

Perkerjaan ini dimulai dari proses seleksi berkas, interview hingga onboarding.

Tanggung jawab pada tugas ini adalah bagaimana memilih dan mengisi pos pos divisi lain dengan orang-orang yang tepat.

B. Training dan Development

Setelah proses recruitmen selesai maka hal yang harus dilakukan oleh HRD adalah memberikan pengenalan, pelatihan dan pengembangan.

Pengenalan dilakukan kepada karyawan baru untuk mengenalkan lingkungan kerja. Baik berkaitan dengan tempat, divisi, orang-orang penting, peraturan dan segala macamnya.

Pelatihan atau training merupakan kunci dari mengenalkan pola pekerjaan yang nantinya akan dijalani. Dalam hal ini HRD bisa melakukannya dengan membentuk TIM sendiri ataupun bisa menggunakan jasa dari luar

Mengembangkan potensi karyawan merupakan tugas yang harus diemban oleh HRD.

Dengan memberikan pengetahuan baru diharapkan karyawan memiliki skill yang semakin meningkat dan memberikan keuntungan lebih kepada perusahaan.

C. Administrasi Karyawan

Personalia merupakan bagian dari HRD yang bertugas pada pengelolaan administrasi karyawan seperti database, payroll, pembayaran benefit, manajemen pinjaman, absensi, cuti dan sistem kontrak kerja

2. DIVISI GENERAL AFFAIRS

Divisi General affairs atau GA merupakan bagian yang bertugas mengelola penyediaan dan pengadaan sarana maupun prasarana karyawan atau pekerja.

Di perusahaan tertentu, tugas divisi ini dapat dirangkap pada posisi HRD. Karena pada dasarnya adalah sama mengelola sumber daya manusia perusahaan yang sering bisa disebut HRGA.

Tugas umum divisi ini meliputi manajemen transportasi karyawan, penempatan parkir karyawan, pengadaan seragam untuk karyawan, pengadaan fasilitas ATM, kantin, dan sebagainya.

3. Divisi Safety

Bekerja diperusahaan manufaktur ataupun semua bidang yang melibatkan mesin, peralatan bergerak, dan memiliki potensi baya bagi karyawan sering ditemui poster-poster safety.

Tugas utama divisi safety dalam sebuah perusahaan adalah megelola sistem baik manusia maupun lingkungan kerja seperti mesin agar karyawan selamat dan terhindar dari kecelakaan kerja.

Secara teknis tugas Divisi Safety adalah

  1. Membuat tata letak atau layout pabrik yang aman dari bahaya
  2. Menyediakan kelengkapan segala hal yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja
  3. Memantau karyawan dalam bekerja sesuai standar safety yang telah ditetapkan
  4. Memberi penyuluhan baik yang bersifat preventif maupun kuratif berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja

4. DIVISI PRODUKSI

Divisi produksi merupakan hal yang tidak asing lagi kita dengan. Divisi ini bertugas untuk menghasilkan produk dari bahan baku menjadi suatu produk. Baik produk setengah jadi maupun produk jadi

5. ACCOUNTING

Divisi accounting merupakan divisi yang bertugas mengelola keuangan perusahaan.

secara teknis tugas yang dilakukan adalah membuat laporan tentang kondisi keuangan perusahaan, menyusun anggaran pengeluaran dan pendapatan perusahaan, dan melakukan pembukuan perusahaan.

6. ENGINEERING

Divisi engineering atau divisi reasearch merupakan divisi dalam sebuah perusahaan yang fokus menangani pengembangan produk melalui penelitian dan perbaikan seperti maintenance.

Tugas teknisnya meliputi melakukan instalasi peralatan, maintenance alat, melakukan improvement terhadapat aktivitas produksi, dan pengadaan sparepart

7. DIVISI GUDANG

Divisi gudang atau yang biasa disebut Ware House Department merupakan divisi yang mengurusi bidang penyimpanan produk atau menampung hasil produksi untuk dipasarkan.

Ware house ini biasa disebut sebagai gudang karena merupakan tempat terakhir dalam proses pembuatan produk.

Tugas teknis yang dihandle divisi ini adalah pembukuan stok barang, melakukan pengemasan, koordinasi dengan para agen pemasaran terkait pengiriman.

8. Divisi IT

Divisi IT dalam sebuah perusahaan bertugas menangani bindang jaringan komputerisasi dan teknologi terhadap segala hal yang dibutuhkan dalam persuahaan.

Hal teknis yang biasa dilakukan adalah membuat jaringan komputer antara diperusahaan, membuat dan mengembangkan website, aplikasi dan lain sebagainya


Tentang Gudangkarir.com

Gudangkarir.com merupakan platform berbagi info lowongan pekerjaan CPNS, lowongan BUMN, dan Lowongan Swasta baik lokal maupun nasional. Info lowongan kerja yang kami bagikan telah melalui review dan verifikasi melalui platform resmi perusahaan pemberi kerja. Selain berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan, gudangkarir.com juga membagikan tips, motivasi seputar dunia kerja.

Mengenal Divisi di Lingkungan Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *