Share this page

Hai Sobat Gudangkarir! Belakangan sering nggak sih kamu dengar istilah Curriculum Vitae (CV) ATS Friendly? Yup, model CV ini lagi banyak di bahas di forum-forum pengembangan karir. Lalu, seperti apa sih CV ATS Friendly? Yuk simak panduan membuatnya!

Apa itu CV ATS Friendly

ATS merupakan singkatan dari Applicant Tracking System, sebuah software atau sistem yang membantu pekerjaan HRD untuk melakukan seleksi berkas administrasi berupa CV yang jumlahnya ratusan hingga ribuan dalam waktu yang singkat.

Kebayang nggak sih, kalau kebutuhan lowongan pekerjaan hanya 1 sampai 3 orang namun yang melamar ribuan orang? Pasti capek dong HRDnya jika harus mereview satu persatu CV kalian. Nah disinilah peran dari ATS.

Cara Kerja Applicant Tracking System

Setelah kamu mengirimkan CV, maka ATS akan melakukan scanning atau pembacaan secara elektronik kemudian menilai skor CV mu berdasarkan skill dan keyword yang terdapat di dalamnya.

Dengan mengetahui cara kerja dari ATS, maka yang pertama harus di perhatikan adalah bagaiman cara membuat CV dapat terbaca oleh system atau software.

Berikut adalah contoh gambaran screenshoot software ATS yang diperoleh dari id.linkedin.com

cara membuat CV ATS Friendly

Terbayang kan, apabila kamu memiliki skill dan pengalaman yang bagus dan sesuai dengan kualifikasi namun tidak lolos seleksi berkas hanya karena CV mu tidak terbaca oleh sistem?

Baca Juga : 8 Pertanyaan yang Dapat Kamu Ajukan kepada HRD saat Interview

Tips dan Panduan Membuat CV ATS Friendly

Lalu, seperti apa ciri-ciri CV ATS yang friendly dan dapat terbaca oleh sistem dengan optimal sehingga dapat lolos ke tahap rekrutmen berikutnya? Berikut panduan yang dapat kamu ikuti untuk membuat CV ATS Friendly.

1. Gunakan Bahasa Inggris

Tidak sedikit perusahaan yang menggunakan Software ATS hasil pengembangan luar negeri (asing). Sehingga sudah semestinya kita sesuaikan agar skill dan pengalamanmu terbaca dengan baik.

2. Cukup 2 lembar

Jumlah halaman pada CV usahakan tidak lebih dari dua lembar. Semakin banyak informasi yang tidak penting dalam CV maka akan membuat software kesulitan dalam membuat kesimpulan score. Pastikan sajikan informasi yang terkait dan namun jelas.

3. Gunakan Jenis Font Standar

Gunakan font standar agar CV mu mudah terbaca oleh sistem. Pilihlah font seperti Arial, Helvetica, Times New Roman, dan sejenisnya. Pakailah ukuran font kurang lebih 11.

4. Cantumkan Kontak

Jangan lupa untuk mencantumkan kontak berisikan nama, alamat email, dan nomor telepon atau whatsapp pada bagian atas CV.

5. Desain CV Simpel

Untuk membuat CV ATS friendly, kamu tidak perlu memikirkan dekorasi dan pemilihan warna. Kamu cukup menggunakan template formal yang hanya terdiri dari unsur warna hitam untuk font dan putih untuk background.

Beberapa hal yang perlu kamu hindari dalam membuat CV ATS Friendly yaitu foto diri, gambar, simbol, emoji, tabel dan jenis font yang susah untuk di baca.

Kunci cari dari poin ini adalah CV kamu agar mudah terbaca sistem.

6. Sajikan Secara Runtut dari Atas ke Bawah

Tidak hanya manusia, mesinpun juga lebih dapat bekerja optimal apabila memproses sesuatu yang runtut. Sajikan informasi dalam CV secara runtut dari atas ke bawah.

Hindari menggunakan layout yang membagi halaman menjadi dua kolom atau berdampingan.

Sajian informasi yang runtut akan membuat CV mu lebih mudah terbaca oleh sistem. Mulai dari atas adalah data diri seperti nama, email, dan nomor telepon.

Baris selanjutnya adalah ringkasan profil singkat, skill yang kamu miliki, pengalaman kerja, pendidikan dan sertifikasi.

7. Jelaskan Prestasi Kerja di Kolom Pengalaman

Menuliskan deskripsi pekerjaan kolom pengalaman kerja merupakan hal yang penting untuk mengetahui sejauh mana kamu memahami pekerjaanmu.

Namun perlu kamu pertegas bagaimana prestasimu pada saat melakukan pekerjaan tersebut.

Contohnya adalah sebagai berikut

Digital Marketing Strategist di PT Apparelsae Konveksi Indonesia

bERTANGGUNG JAWAB DALAM MERENCANAKAN KONSEP SERTA IDE CAMPAIGN MARKETING DI RANAH DIGITAL HINGGA MAMPU MENINGKATKAN PENJUALAN SEBESAR 20% DALAM 2 BULAN.

Intinya adalah tuliskan apa pekerjaanmu dan pencapaianmu selama bekerja.

8. Sisipkan Keyword atau Kata Kunci dalam CV

Keyword merupakan kata-kata kunci yang berkaitan dengan kemampuanmu dan berhubungan dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Sebagai contoh, kamu pernah bekerja magang sebagai HRD di salah satu perusahaan. Kamu dapat mencantumkan kata kunci terkait job desc dalam bahasa inggris seperti, manage, growth, dll.

Nah, itulah 8 tips sekaligus panduan buat kamu yang mau membuat CV ATS Friendly. Agar kamu lebih paham dan punya gambaran seperti apa CV ATS Friendly itu, lihat contoh di bawah ini.

contoh CV ATS Friendly
tips membuat CV ATS Friendly

Sumber :

Panduan Membuat CV ATS Friendly dan Contohnya

Maulana Amrullah

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *