Gudangkarir.comRasa malas merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Perasaan tersebut hampir pasti melanda semua orang meskipun orang tersebut termasuk orang yang rajin dan aktif, suatu saat juga akan mengalami rasa malas dan jenuh dalam bekerja. Simak 7 tips berikut agar terhindar dari rasa malas dan tetap produktif.

Rasa malas muncul disebabkan oleh banyak faktor sesuai dengan kondisi latar belakang setiap individu. Ada yang malas karena kejenuhan, kelelahan, masalah dengan pasangan atau keluarga, kurangnya apresiasi, kurangnya motivasi, kurang hiburan, dan masih banyak lagi.

Ketika rasa malas muncul, hal yang dapat kita lakukan adalah melawan dan mengusirnya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas 7 tips bagaimana cara mengatasi rasa malas buat kalian baik yang masih sekolah maupun sudah bekerja agar tetap produktif.

1. Pantang Menunda Pekerjaan

Tips agar tetap produktif yang pertama adalah dengan menerapkan prinsip “Pantang Menunda Pekerjaan”.

Menunda-nunda pekerjaan merupakan salah satu ciri sifat pemalas. Jika kamu ingin terhindar dari rasa malas maka pantang sekali untuk menunda pekerjaan.

Semakin kamu menunda pekerjaan maka semakin banyak pula pekerjaan yang akan menumpuk. Pekerjaan yang menumpuk membutuhkan usaha yang lebih untuk menyelesaikan. Keadaan ini akan memperparah rasa malas kamu.

Yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengerjakan sesegera mungkin pekerjaan tersebut. Setelah selesai mengerjakan satu hal, bergantilah dengan pekerjaan yang lain. Dengan begitu kamu akan terjaga tetap produktif.

2. Buat Daftar Prioritas atau Daftar Agenda

Pernahkah kamu ketika bangun pagi kemudian bingung mau ngapain? atau merasa tidak punya agenda sehingga membuatmu kembali tidur siang seharian? Di situlah pentingnya membuat agenda kegiatan.

Ketika kita tidak memiliki target kegiatan yang akan diselesaikan, maka kecenderungan kita akan menjadi malas. Tidak memiliki agenda menyebabkan banyaknya waktu luang tidak produktif.

Untuk itu, kamu dapat membuat agenda kegiatan dimalam hari untuk kegiatan besok pagi. Urutkan sesuai dengan prioritas sehingga kamu tidak akan melewatkan hal-hal penting dalam hidupmu.

Kamu dapat menyiapkan buku agenda yang dapat kamu bawa ke manapun kamu pergi. Setiap menyelesaikan target urusan, pastikan kamu kasih tanda agar kamu terus semangat mencapai target-target selanjutnya.

3. Kembangkan Kemampuan Diri

Mengasah kemampuan diri seperti hobi dan kompetensi dapat menghindarkan kita dari sifat malas. Untuk itu ketahuilah potensi apa yang menonjol dalam dirimu.

Jika kamu sudah mengenali kemampuan dirimu maka terus asahlah kemampuan tersebut. Jika kemampuan tersebut terdapat unsur hobi, tentu akan lebih menyenangkan pada saat melakukannya.

4. Membiasakan Bangun Pagi

tips produktif
© multiintisarana

Bangun pagi adalah sebuah kebiasaan. Untuk dapat bangun pagi tentu kita tidak boleh tidur terlalu larut sehingga durasi istirahat cukup optimal.

Dalam agama manapun, bangun pagi adalah anjuran. Karena dengan bangun pagi badan akan terasa segar dan lebih bersemangat. Dengan modal segar dan semangat yang memabara tentu kamu akan terhindar dari rasa malas.

5. Menjaga Pola Makan

gambar mengatur pola makan
© robinkristoff

Energi yang kita gunakan untuk beraktivitas berasal dari apa yang kita masukkan ke dalam tubuh melalui makanan. Untuk itu penting sekali menjaga pola makan agar tubuh tetap fit.

Menjaga pola makan termasuk di dalamnya memperhatikan nilai gizi dari makanan yang kita makan dan kapan kita harus makan. Aturlah secara seimbang dan teratur agar tubuh kita memiliki ritme yang bagus.

Hindari makan terlalu kenyang karena akan menyebabkan proses pencernaan bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan rasa kantuk dan malas beraktivitas. Berhentilah sebelum kenyang.

6. Istirahat yang Cukup

gambar tidur cukup
© rsadventbandung

Rasa malas bisa timbul karena tubuh terasa lelah akibat kurang istirahat. Ketika tubuh terasa capek akan menyebabkan kita tidak berenergi, tidak fokus dalam beraktivitas.

Beristirahatlah yang cukup dan jangan berlebihan. Jika kamu beristirahat terlalu lama juga akan membuat ritme tubuhmu terlalu santai dan cenderung bermalas-malasan.

7. Refreshing

gambar refreshing
© goodtimes.id

Refreshing bisa kamu lakukan dengan berbagai cara misalnya camping, mendengarkan musik sejenah, meditasi, jalan-jalan, melihat pemandangan alam dan lain sebagainya.

Fungsi dari refreshing adalah untuk menghilangkan kepenatan dan kebosanan serta mengembalikan semangat baru agar bisa fokus dan lebih produktif.

Itulah 7 tips buat Kamu agar tetap produktif dan terhindar dari rasa malas. Setelah membaca artikel ini apakah Kamu sudah punya solusi yang cocok untuk dirimu? Silahkan komentar dibawah ya!

Kamu Sering Dilanda Rasa Malas? Ikuti 7 Tips Agar Tetap Produktif

Maulana Amrullah

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.