Share this page

Kamu merasa putus asa berada dalam lingkungan kerja toxic? Tunggu, jangan ngundurin diri dulu. Kamu bisa bertahan kok, meskipun di lingkungan kerja yang tidak disukai. Artikel ini akan membahas mengenai tips menghadapi lingkungan kerja yang toxic.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi lingkungan kerja toxic, sebagai berikut:

Tenangkan Diri

Kamu tidak bisa memaksakan agar orang lain selalu mengerti dirimu. Kondisi yang tidak sesuai dengan rencana bisa datang kapan saja dan dimana saja. Untuk menghadapi hal tersebut, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menenangkan diri.

Menenangkan diri bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi toxic people. Jika kamu bisa tenang, maka kamu tidak akan mudah digoyahkan oleh orang lain. Kamu tidak akan mudah terpengaruh oleh komentar dan perilaku negatif dari orang lain.

Berpikir Positif

Pikiran yang baik akan mendatangkan kebaikan bagi kehidupan kamu. Nah, hal ini penting sekali dijaga sebagai salah satu tips menghadapi lingkungan kerja toxic. Jika kamu mampu melihat hal positif dari hal-hal buruk yang menimpa kamu, maka kamu tidak akan mudah marah.

Ketika orang lain berkomentar buruk tentangmu, dengarkan sejenak. Kenapa harus didengarkan sih? Iya, jika kamu berusaha untuk tidak mendengarkan perkataan orang, maka kamu akan lebih sering memikirkannya. Namun, ketika kamu meluangkan waktu untuk mendengarkannya, lalu memilah apakah komentar itu sesuai dengan kenyataan atau hanya nyinyiran belaka. 

Jika komentar itu hanya nyinyiran, kamu bebas membuangnya ke tong sampah. Anggap saja hal itu hanya kerikil yang harus disingkirkan dari jalanmu. Singkirkan, lalu melangkahlah lagi. Jaga pikiranmu tetap positif.

Hindari Bergosip

Hal yang penting untuk kamu ingat adalah jangan terlalu suka ikut campur urusan orang lain. Penting sekali untuk menghindari gosip, jangan suka bergosip di tempat kerja. Asik bergosip bisa menyebabkan hubungan toxic dan sering menjadi akar yang memicu permasalahan dengan rekan kerja.

Kamu harus memiliki prinsip bahwa tempat kerja adalah untuk bekerja. Bukan untuk memamerkan atau mendiskusikan masalah hidup orang lain. Tentunya kamu tahu, bahwa tidak baik membicarakan orang lain, apalagi dibelakangnya. Kamu fokus saja bekerja.

Temukan Solusi

Terkadang, kamu harus bertahan di lingkungan kerja yang toxic karena kamu sudah menandatangani kontrak kerja. Jadi, kamu tidak boleh menyerah. Temukan solusi yang tepat untuk dirimu sendiri. 

Solusi sederhana misalnya, kamu bisa mendengarkan musik, makan makanan yang kamu sukai, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bagimu. Intinya jangan mudah menyerah, apalagi karena orang lain. Jangan biarkan mereka bahagia karena bisa menghentikan langkahmu. Bertahanlah.

Demikianlah, tips untuk menghadapi lingkungan kerja toxic. Percayalah ada masanya kamu akan kuat dan terbiasa menghadapinya. Jangan menghindarinya, tetap kuat dan semangat.

Tips Hadapi Lingkungan Kerja Yang Toxic

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *