Share this page

Sebelum ke pembahasan tentang panduan dan tips menulisnya, ada baiknya kamu pahami apa itu cover letter.

Jadi cover letter adalah surat lamaran kerja, dan sangat penting untuk bisa masuk ke dalam dunia kerja yang terikat kontrak kerja. Fungsinya adalah menarik perhatian si perekrut, untuk memberikan kesempatan bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Yang harus ada dalam surat laramaran kerja-mu cukup banyak, tetapi harus dijelaskan dalam kalimat yang singkat dan padat. Kamu harus menjelaskan tentang dirimu kepada si perekrut, kemudian hal-hal yang tidak dapat kamu tuliskan di CV, sampai alasan kenapa kamu layak untuk ikut direkrut dalam pekerjaan.

Struktur surat laramaran kerja sendiri tidak rumit, bentuknya dalam paragraf dan harus terdiri dari beberapa aspek sebagai berikut.

  1. Data diri
  2. Deskripsi keahlian dan kemampuan
  3. Isi surat yang dapat menarik perhatian HRD
  4. Penutup, biasanya berisikan tentang harapan, ucapan terima kasih dan segala sesuatu dengan tujuan meninggalkan kesan baik.

Nah, setelah semua penjelasan di atas, berikut ini adalah tips untuk menulis cover letter yang benar dan menarik. Usahakan jangan sampai meng-copy cover letter yang ada di internet secara mentah-mentah, karena para HRD atau perekrut, pasti mengetahuinya.

Menuliskan pihak perusahaan

Dalam menuliskan cover letter, awali dengan mencantumkan nama perusahaan yang dituju, lengkap dengan alamatnya.

Buat Kalimat Pembukaan

Tentu bukan dengan jargon atau punchline, tetapi pilihlah kata kata yang baik dan sopan untuk pembukaan secara singkat.

Tuliskan identitas diri

Penting untuk menuliskan identitas dirimu di cover letter yang dibuat, karena akan menjadi informasi kepada perusahaan tentang siapa dirimu. Tuliskan mulai dari nama, program studi, perguruan tinggi dan fakultas selama belajar.

Buat Isi surat

Isi surat ini adalah inti dari cover letter yang kamu tulis, utarakan maksud dan tujuan, yaitu lamaran pekerjaan, dan posisi yang kamu inginkan di perusahaan.

Daftar Lampiran

Tuliskan semua lampiran yang kamu sertakan adalah, mulai dari CV, motivation Letter, Resume, pas foto dan lain sebagainya yang diminta oleh perusahaan di cover letter lamaran kerja kamu.

Penutup dan tanda tangan

Tutup Cover Lettermu dengan kalimat yang baik dan sopan, kata terima kasih dan kata-kata untuk meninggalkan kesan positif para perekrut. Jangan lupa bubuhkan tanda tangan dan nama lengkap sebagai tanda bahwa penulis cover letter tersebut adalah dirimu sendiri.

Perhatikan Susunan dan Tata Bahasa

Ada baiknya setelah membuat cover letter, kamu tidak langsung serta-merta mengirimnya, tetapi memeriksa susunan dan tata Bahasa yang sudah ada di dalamnya.

Itulah Pengertian, panduan dan tips untuk menulis cover letter untuk melamar pekerjaan, yang bisa langsung kamu praktekkan sebelum melamar ke dalam sebuah perusahaan.

Panduan dan Tips menulis Cover letter yang baik

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *