Share this page
pengelolaan keuangan anak muda

Manajemen Keuangan by gudangkarir.com Pernah nggak sih kalian merasa diumur yang sudah menginjack dewasa masih merasa selalu serba kekurangan? Padahal nih setiap bulan udah dapet gaji ditambah bonus lagi. Tapi masiha aja Kebutuhan ini itu belum bisa tercukupi, keinginan ini itu masih harus ditunda. Bahkan, sampai khawatir kalau masa tua kita akan tetap merasa kekurangan seperti ini. Kita semua tentu punya cita-cita agar bisa mapan secara finansial sedini mungkin. Lalu apa yang harus dibenahi?

Ternyata Sob, penting sekali buat kita untuk belajar cara manajemen keuangan. Khususnya keungan pribadi ya Sob. Tapi belajar aja juga tidak cukup. Mesti harus dilakukan dan jangan hanya berandai-andai saja. Dan inget Sob, ini  bukan proses yang singkat semalam jadi, tapi harus dimulai dari hal kecil dan sedini mungkin. Prinsipnya, mau penghasilan kamu sedikit ataupun banyak penting sekali untuk mengelola keuangan. Karena meskipun penghasilanmu banyak, tapi kalau pengeluaranmu tidak diatur maka kamu kekayaanmu akan tergerus dan akhirnya menjadi miskin. Dengan demikian, milikilah manajemen keuangan pribadi!

Nah kalau kita mau belajar dari orang-orang sukses seperti Sandiaga Uno, Bong Chandra, Dato Tahir, Tanoko, dan yang lainnya mereka punya strategi untuk mengelola kekayaan mereka. Menariknya, kebanyakan dari mereka adalah berasal dari orang yang serba dengan keterbatasan Sob, alias bukan dari keturunan orang kaya raya. Tapi berkat kegigihan dan kecerdikan mereka dalam mengelola keuangan bisa sesukses sekarang ini. Jadi apa sih kunci pengelolaan keuangan mereka?

1. Miliki Rencana Keuangan

Manajemen keuangan dimulai dari perencanaan. Miliki rencana keuangan meruapkan hal yang sangat penting buat dilakukan, sekalipun pendapatan kita masih kecil. Banyak orang diluar sana beranggapan memiliki rencana keuangan hanyalah khsus mereka yang memiliki pendapatan besar. Tapi anggapan itu harus dibuang jauh jauh yaa, karena kita yang masih dapet uang saku dari orang tua pun perlu belajar merencakan keuangan. Ketika kita masih sekolah tentu kebutuhan kita hanya meliputi uang bensi, uang jajan, dan uang tabungan. Itu pasti bakal mudah dan pasti mayoritas dari kalian udah mempraktikan ya Sob. Nah setelah kita sudah memasuki dunia kerja ada banyak yang perlu kita plotkan. Nah secara umum perencanaan keungan ini bisa dibagi menjadi

2. Menyusun Pengeluaran untuk Kebutuhan pokok harian

Hal pertama yang perlu direncanakan adalah rencana untuk kebutuhan pokok Sob. Ini adalah kebutuhan yang mau tidak mau Sobat semua harus siapkan. Kebutuhan pokok ini meliputi kebutuhan uang untuk makan, transportasi, listrik, internet, kebutuhan kamar mandi, dapur, kebutuhan sosial seperti sumbangan dan hangout, zakat, dan lain sebagainya. Nah setelah kalian catat kisaran kebutuhan pokok, silahkan kalian cek berapa sih persentasi kebutuhan ini dari pendapatan yang kita terima? Apakah lebih kecil, atau makan minus. Pastikan kalian atur porsinya sesuaikan dengan prioritas kalian ya. Karena setiap orang bisa berbeda-beda pada poin ini.

3. Menabungan Jangka Pendek

Yang selanjutnya adalah tabungan jangka pendek ya Sob. Tabungan ini tidak perlu banyak banyak Sob. Fungsinya adalah untuk pengeluaran yang sudah kita planing pada bulan yang akan datang. Misalnya arisan motor, Pajak kendaraan, Uang pendidikan, dan lain sebagainya. Tabungan ini juga bersifat lebih fleksibel.

4. Investasi

Setelah menabung, hal yang paling penting buat kalian lakukan adalah berinvestasi. Ini adalah strategi yang banyak orang kaya lakukan untuk melipatgandakan kekayaan mereka tanpa harus bekerja. Sederhananya, uang yang kita hasilkan jangan dikonsumsi semua, melainkan ada sebagian yang kita pekerjakan untuk menghasil uang segar baru. Investasi ini mirip sekali dengan menabung namun memiliki instrumen yang berbeda. Kalau menabung di bank adalah tujuannya untuk menyimpan uang, tapi kalau berinvestasi tujuannya adalah untuk mempekerjakan uang. Investasi bukan hanya menjamin keuanganmu jangaka pendek, tapi juga menjamin keuanganmu dimasa depan. Lalu dimana kita berinvestasi, kita bisa berinvestasi dipasar saham melalui aplikasi seperti Ipot, bibit, dan lain sebagainya. Bagaimana cara berinvestasi, bisa kalian pelajari dichanel sebelah ya Sob.  

5. Miliki Tabungan Darurat

Dimasa pendemi seperti sekarang ini mesti menjadi masa yang sangat sulit buat mereka yang tidak memiliki dana darurat ya Sob. Terlebih lagi bagi mereka yang mengalami PHK sehingga tidak lagi memperoleh pendapatan untuk kebutuhan hidup. Keuntungan dari memiliki dana darurat akan sangat membantu ketika tiba-tiba ada kejadian yang tidak diinginkan seperti ini Sob. Seenggaknya bisa untuk sambung hidup sampai kita mendapatkan sumber penghasilan yang baru. Menurut beberapa sumber nih, besar tabungan darurat itu harus bisa mengcover semua kebutuhanmu selama 4-6 bulan kedepan tanpa harus bekerja.

6. Mengikuti Asuransi

Nah asuransi ini juga tidak kalah penting ya Sob. Asuransi yang dimaksut disini adalah asuransi kesehatan Sob. Kita kan tidak pernah tahu kapan jatuh sakit. Sakitnya parah atau ringan. Tapi kita berharap tetep sehat selalu ya Sob. Nah fungsi dari asuransi ini adalah sebagai pelindung yang menghindarkan kita dari kebangkrutan. Jangan sampai dana pensiun yang udah kita siapin dimasa tua ludes semua hanya untuk berobat saja. Kita kan tahu sehat itu mahal.

Nah kalau bisa ya Sob, setiap uang yang sudah kalian plot kan ini harus ditaruh direkening yang berbeda-beda agar tidak bercampur satu dengan yang lain. Karena kalau kalian tempatkan dalam satu rekening yang sama, aku jamin deh pasti bakal ludes. Lalu berapa besar porsi masing-masing keempat poin tadi? Sebetulnya Sob, tidak ada ketentuan baku berapa yang harus kamu sisihkan, karena setiap orang memiliki pendapatan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Tapi intinya poin-poin tersebut harus kebagian jatah semua ya Sob.  

7. Berkomitmen melaksanakan rencana keuangan

Nah setelah semua direncanakan, hal yang tidak kalah penting adalah komitmen untuk melakukan. Pastikan kalian mencatat pengeluaran dan harus sesuai dengan rencana keungan yang kamu susun ya SOB. Jangan lupa Catet pengeluaran sekecil apapun, karena pengeluaran kecil-kecil yang tak terduga kalau diakumulasi bisa banyak lho Sob. Kalian bisa gunakan alat bantu keuangan digital melalui smartphone kamu Sob. Ada Dompet, Money manager, dllnya. Dengan aplikasi bantu tersebut, kalian dapat memonitoring keuangan kalian dengan tertib Sob.

Itulah beberapa tips agar pengelolaan atau manajemen keuangan. Buat kalian yang mau tau lebih tentang dunia kerja, kalian dapat baca artikel lainnya

Manajemen Keuangan untuk Milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *