Kamu tentu sudah tidak asing lagi ya dengan istilah Walk-in Interview, terlebih kalau kamu sudah memasuki dunia kerja. Nah buat yang baru mau terjun, Yuk pahami dulu apa itu Walk-in Interview dan apa yang harus kamu persiapan.

Apa Itu Walk-in Interview

Dilansir dari indeed.com, walk-in interview atau wawancara terbuka merupakan proses wawancara yang dilakukan oleh seorang manger personalia untuk mewawancarai sekelompok kandidat dalam waktu yang singkat.

Umumnya, tujuan dari perusahaan mengadakan walk in interview adalah untuk merekrut banyak karyawan baru.

Keuntungan Walk-in Interview

Walk-in Interview mendatangkan manfaat bagi pencari dan pemberi kerja. Di kutip dari peoplehum.com, manfaat yang pertama adalah bagi rekruter.

  1. Memaksimalkan efisiensi saat interview
  2. Membantu perusahaan bertemu kandidat dalam jumlah besar dengan rentang waktu yang singkat
  3. Membantu perekrut untuk mengambil keputusan yang cepat
  4. Dengan bertemu secara langsung, perekrut dapat mengidentifikasi apakah kandidat sesuai dengan budaya kerja perusahaan atau tidak.
  5. Menghemat waktu

Selain bermanfaat bagi pemberi kerja, walk-in interview juga mendatangkan manfaat bagi pelamar kerja.

  1. Biasanya wawancara ini bersifat santai sehingga kandidat lebih rileks
  2. Kandidat dapat mengenali secara langsung lingkungan perusahaan
  3. Memberikan gambaran kerja secara langsung kepada kandidat

6 Tips Hadapi Walk-in Interview

Dilansir dari indeed.com, berikut beberapa tips yang dapat kamu siapkan untuk menghadapi walk-in interview

1. Riset Tentang Perusahaan

Sebelum kamu menghadiri walk-in interview, lakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan dan posisi yang ditawarkan. Kamu dapat melakukan riset dengan cara membuka situs website resmi perusahaan, forum job-seekers maupun dengan bertanya langsung kepada kenalan yang bekerja disana.

2. Update Resume

Kamu perlu memperbarui Resume yang kamu miliki disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Memperbarui resume sangatlah penting. Pastikan isi dari resume lebih menjurus dengan posisi yang kamu daftar.

Dalam menulis resume, kamu perlu menonjolkan referensi pengalaman, keterampilan, dan pendidikan yang kamu miliki. Koreksi kembali resume dan pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan dan format dokumen.

3. Siapkan Kelengkapan Dokumen

Setiap perusahaan mensyaratkan kelengkapan berkas yang berbeda-beda. Sehingga kamu perlu untuk memeriksa kembali satu-persatu dokumen yang mungkin sudah kamu miliki sebelumnya. Jangan lupa untuk membuat salinan dokumen apabila nantinya dibutuhkan atau diminta oleh perusahaan.

4. Perkirakan Waktu Perjalanan

Periksa jarak tempuh perjalanan dan perhitungkan kapan kamu harus berangkat sehingga dapat sampai tepat waktu. Kamu perlu mempertimbangkan akan menggunakan transportasi umum atau naik kendaraan pribadi.

5. Tepat Waktu

Datang tepat waktu merupakan hal yang penting terlebih saat menghadiri interview. Walk-in Interview memang tidak bisa ditebak berapa kandidat yang melamar dan berapa banyak antreannya. Dari pada terlambat dan mendapat antrean akhir, lebih baik tepat waktu atau datang lebih awal.

6. Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Di akhir sesi wawancara, sampaikan ucapan terima kasih kepada pewawancara atas kesempatan waktu yang diberikan. Cara ini dapat menunjukkan rasa hormat dan profesionalisme kamu dalam menghargai waktu mereka.

Daftar Pertanyaan yang Sering Ditanyakan saat Walk-in Interview

Berikut adalah beberapa daftar pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat walk-in interview. Bagi kamu yang sudah beberapa kali mengikuti proses interview tentu sudah tidak asing lagi dengan daftar pertanyaan berikut. Namun, buat kamu yang baru pertama mengikuti walk-in interview penting sekali untuk memepelajarinya.

Apa saja pertanyaan yang sering muncul? simak berikut.

  1. Silahkan Ceritakan Tentang diri Kamu?
  2. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
  3. Apa alasan kemu melamar ke perusahaan ini?
  4. Mengapa kami harus merekrut kamu?

Kamu pingin tahu lebih lengkap tentang penjabaran poin di atas? Silahkan kunjungi link di bawah ini

9 Pertanyaan HRD Pada Saat Wawancara Kerja

Demikianlah informasi tentang hal-hal yang perlu kamu siapkan seputar walk-in interview. Setelah membaca artikel berikut apakah kamu sudah yakin dan siap mengikuti seleksi dengan sistem ini?

Semoga berhasil!

Walk In Interview – Pengertian dan Persiapan yang Harus Kamu Lakukan

Maulana Amrullah

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.