Setiap orang yang sedang mencari pekerjaan biasanya akan membuat motivation letter dengan isi yang sebaik mungkin. Tentu saja dengan besarnya harapan bahwa dirinya bisa diterima pada jabatan yang diinginkan. Sehingga bisa mulai bekerja untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Dalam proses penerimaan pekerja atau karyawan baru ini. Sering kali saat ini juga terjadi adanya kontrak kerja yang memiliki banyak isi dan berkaitan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang selama berada di tempat kerja tersebut. Tanpa disadari, terkadang banyak pula yang merasa bahwa tanda tangan dokumen ini dapat langsung dilakukan. Padahal ada beberapa hal penting di dalam kontrak yang perlu untuk diperhatikan.

7 Hal Penting Perlu Diperhatikan Saat Tanda Tangan Kontrak Kerja

Seperti biasanya kamu dalam membuat cover letter tentu akan selalu berusaha untuk membuat dengan isi yang sebaik mungkin. Supaya nantinya bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk diterima pada jabatan atau tempat kerja yang kamu inginkan. Sama seperti hal itu, setelah kamu dinyatakan lulus dan diterima. Biasanya akan diberikan kontrak kerja yang perlu untuk ditandatangani dua belah pihak. Sebagai bentuk perjanjian yang ada dibuat antara pekerja atau karyawan dan perusahaan atau tempat kerja yang menerimanya. Simak hal apa saja yang perlu untuk kamu perhatikan ketika akan menandatangani kontrak kerja ini seperti yang akan dibahas berikut ini.

Deskripsi dan Posisi Jabatan yang Ditawarkan

Ketika kamu sudah menerima kontrak kerja, hal pertama yang perlu untuk kamu perhatikan yaitu berkaitan dengan keterangan yang diberikan di dalam dokumen tersebut yang berkaitan dengan deskripsi jabatan serta posisi yang ditawarkan kepada kamu. Pastikan bahwa keterangan yang diberikan di dalam dokumen tersebut sama seperti ketika kamu melakukan wawancara dan jika menemukan hal yang berbeda. Maka baca dengan baik terlebih dahulu hingga memahami isi dari kontrak. Hal ini dapat menjadi sebuah indikasi untuk melihat apakah kamu berada di sebuah lingkungan kerja toxic atau tidak demi kebaikan dari kondisi yang kamu harus alami setiap harinya.

Lama Jam Kerja yang Diterapkan

Meskipun kamu harus bekerja setiap harinya, namun kamu masih perlu juga untuk memiliki work life balance yang baik. Sehingga hidup yang kamu jalani tidak berpusat pada pekerjaan yang harus kamu kerjakan. Selain itu kamu bisa menghilangkan rasa lelah atau stress yang dimiliki setelah bekerja dalam beberapa waktu. Maka dari itu, di dalam kontrak kerja yang diberikan pastikan bahwa kamu memahami terkait dengan jam kerja yang diterapkan untuk jabatan atau posisi yang kamu dapatkan. Serta pastikan pula jam kerja ini tidak melanggar aturan yang ada. Pastikan pula bahwa kamu juga mendapatkan jatah hari libur yang cukup.

Besar Gaji dan Tunjangan yang Ditawarkan

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk kamu perhatikan yang ada di dalam kontrak kerja yaitu berkaitan dengan besaran gaji dan tunjangan yang diberikan untuk posisi yang kamu  miliki, apakah besar dari gaji serta tunjangan yang diberikan sudah sesuai dengan aturan serta beban kerja yang diberikan. Kamu juga bisa mencari tahu dulu besaran dari UMR yang ada di daerah sekitarnya. Ini untuk bisa memutuskan besaran dari gaji apakah sudah sesuai atau belum. Misalnya kamu mencari besaran UMR Jogja 2021 sesuai dengan ketentuan dan aturan hukum yang ada. Pastikan jumlah tersebut dapat menutupi kebutuhan hidup yang dimiliki.

Ketentuan Pengajuan Cuti dan Lembur

Hal lainnya dari adanya kontrak kerja yang perlu untuk kamu perhatikan yaitu terkait dengan jatah cuti yang diberikan. Berapa lama kamu mendapatkan cuti dalam kurun waktu tertentu. Hingga ketentuan terkait dengan apakah kamu bisa menukarkan cuti dan hal-hal yang berkaitan dengan hal ini. Selain itu, tidak jarang pula terkadang kamu perlu untuk bekerja lebih lama. Jadi jika mengalami lembur kamu dapat memastikan apakah kamu mendapatkan tambahan gaji untuk melakukan lembur atau ada ketentuan lain yang perlu untuk kamu ketahui. Memperbolehkan karyawan untuk melakukan cuti dapat menjadi cara meningkatkan produktivitas karyawan yang efektif.

Lama Kontrak Kerja yang Ditawarkan

Tidak hanya menanyakan terkait dengan berapa gaji yang anda inginkan, kamu juga perlu untuk mencari tahu terkait dengan berapa lama kontrak perjanjian untuk kerja ini berlangsung. Karena beberapa pekerjaan saat ini lebih sering untuk menggunakan kontrak kerja yang terbilang cukup singkat dibandingkan dengan hal lainnya. Termasuk juga di dalam kontrak kerja yang diberikan, apakah tertera ketentuan waktu terkait dengan kalau kamu dan tempat kerja bersedia untuk melanjutkan kontrak ini dalam waktu berapa lama. Hal ini juga membantu kamu saat kontrak akan habis. Kamu lebih siap dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan lain ketika kontrak kerja yang berjalan sudah akan selesai.

Prosedur dan Ketentuan untuk Pemberhentian Kerja

Tentu saja nantinya kamu tidak ingin untuk mencari informasi terkait dengan contoh surat pengunduran diri atau mendapatkan pemutusan hubungan kerja dalam waktu tertentu sebelum masa yang ada di dalam kontrak kerja telah berakhir. Maka dari itu, kamu  perlu untuk memastikan hal ini dan melihat prosedur apa saja yang perlu untuk kamu lalui dan ketentuan apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya pemberhentian kerja sehingga kamu dapat menghindarinya. Biasanya di dalam kontrak juga tertera jika kamu mengundurkan diri. Maka perlu mengajukan suratnya dan memberitahukan kepada tempat kerja setidaknya satu bulan sebelumnya dan informasi terkait yang lainnya.

Daftar Pihak dalam Dokumen Tanda Tangan Kontrak Kerja

Setelah dalam sesi wawancara biasanya kamu akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan ceritakan tentang diri anda. Maka pada bagian penandatanganan kontrak kamu juga berhak untuk memperhatikan dan mengetahui siapa saja pihak berwenang dari tempat kerja yang menandatangani dokumen ini sebelum dinyatakan sah. Periksa terlebih dahulu apakah nama yang kamu miliki sudah tertulis dengan benar. Dan tidak ada kesalahan penulisan terkait dengan identitas yang kamu miliki. Perhatikan pula bahwa orang atau pihak yang ada saat  waktu mewawancarai kamu biasanya juga akan mencantumkan tanda tangannya di dalam dokumen kontrak kerja yang ada tersebut.

Meskipun kamu nantinya mendapatkan dokumen kontrak kerja yang rapi dari perusahaan tempat kamu akan bekerja, tetapi kamu juga perlu untuk memperhatikan dan memahami secara keseluruhan terkait dengan hal dan ketentuan apa saja yang  tercantum di dalamnya. Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kerugian yang akan kamu hadapi selama bekerja di tempat tersebut. Sehingga kamu bisa bekerja dengan hati senang dan kebutuhan juga terpenuhi dengan baik. Jangan lupa pula untuk mencari informasi terkait dengan perbedaan cv dan resume. Ini biasanya menjadi salah satu dokumen penting yang perlu untuk kamu cantumkan dalam surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Perjanjian Kontrak Kerja

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published.