Share this page

Apakah Anda orang yang hobby menggambar? ataukah Anda tipe orang yang suka berkomunikasi secara visual? Menjadi seorang Desainer Grafis mungkin bisa jadi pilihan karir Anda

Di era digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan konten komunikasi secara visual sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Baik itu untuk mengomunikasikan produk knowledge, jualan, maupun dalam membangun brand awareness. Dalam praktiknya, desainer grafis tidak bekerja sendirian, melainkan harus berkolaborasi dengan marketing.

Peluang inilah yang menejadikan ruang lingkup kerja desainer grafis sangat tidak terbatas. Bagaimana tidak? setiap usaha baik itu usaha kecil, menengah, sampai perusahaan besar multinasional butuh untuk tampil prima dalam media apapun. Lalu apa saja sih sebetulnya tugas seorang desainer grafis itu?

1. Membuat Konten diberbagai Platform Media Perusahaan

Tugas utama seorang desainer grafis adalah membuat pesan komunikasi secara visual, utamanya adalah gambar baik foto maupun grafis. Secara teknis tugas ini sangate bergantung dari bidang usaha tempat kita bekerja. Seorang desainer grafis di perusahaan percetakan biasanya bertugas untuk melayani client dalam membuat poster, pamflet, poster, undangan nikah, flayer, stiker dan lain sebagainaya.

Seorang desainer grafis diperusahaan photografi bertugas untuk mengedit photo dan menyajikannya di platfom media sosial. Tujuannya adalah untuk menarik engagement yang kepada audiens agar tertarik dan suatu saat bisa menggunakan jasa usaha dimana dia bekerja.

Meskipun tugas secara teknis tergantung dari jenis usaha, namun poinnya adalah satu yaitu bagaimana seorang desainer grafis bisa mengomunikasikan pesan perusahaan kepada audiens.

2. Membangun Brand Awareness

Kita mengenal brand eiger sebagai salah satu merek dengan brand awareness yang tinggi. Siapa yang tidak kenal dengan merek ini? Terlebih buat pada pecinta alam, hampir semua kenal dengan eiger. Harumnya brand ini bukan semata karena tiba-tiba melainkan hasil dari kerja keras dan konsistensi setiap tim yang ada di dalam perusahaan.

Jika kita mengamati akun instagram @eigeradventure, dapat kita lihat desainer mengombinasikan pesan berupa dominasi foto dan sedikit elemen grafis. Setiap merek memiliki karakteristik dari penyajian konten yang secara konsisten dilakukan. Pesan yang sampai kepada audiens adalah elegan, gagah, kokoh dan berkualitas.

Konsistensi inilah yang menjadi salah satu faktor membuat eiger menjadi salah satu brand outdoor fit terkemuka di indonesia. Kira-kira gaji konten kreator di eiger berapa ya, ada yang bisa nebak? Silahkan tulis di kolom komentar ya Sob!

sumber: @eigeradventure

3. Jasa Free Lancer

Buat Sobat yang tidak mau bekerja secara full time diperusahaan, kalian bisa memanfaatkan keahlian kalian dengan membuka jasa freelance. Ada banyak sekali platform untuk mencari pekerjaan freelance seperti di situs Freelancer.co.id. Di sana Sobat bakal menemukan banyak sekali tawaran pekerjaan samping sesuai dengan kategori kemampuan Sobat. Harga yang ditawarkan juga bervariasi sehingga sobat bisa memilih tawaran mana yang paling menarik untuk dikerjakan. Salah satu contoh freelancer yang cukup berhasil adalah RIO PURBA. Sobat bisa cek di akun youtubenya untuk melihat banyak sekali tips praktis dalam berkarir sebagai freelancer. Peluang kerja sebagai free lancer sangat tak terbatas dalam soal gaji, bahkan bisa berkali-kali lipat jika dibanding bekerja fulltime di perusahaan.

Aplikasi apa saja yang perlu dikuasai oleh seorang desainer grafis atau content creator?

Dalam menjalankan tugas, seorang desainer grafis ataupun konten creator tidak lepas dari yang namanya software dan device. Secara umum device yang dapat digunakan dan dapat mengover semua tugas adalah laptop. Jadi kalau kalian punya laptop, kalian udah bisa jadi seorang desainer.

Selain menggunakan laptop ataupun PC, sobat juga bisa menggunakan smartphone. Namun ini kurang direkomendasikan ya Sob karena tampilan yang kecil membuat proses desain dan editing kurang maksimal. Nah lalu apa aja software penunjang yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan job sebagai desainer grafis?


1. Corel

Aplikasi pertama yang paling banyak dipakai desainer adalah corelDraw. Software ini merupakan aplikasi gambar grafis yang berbasis vector dan biasanya banyak digunakan untuk membuat logo, pamflet, poster, flayer, banner, dan lain sebaginya. Seorang desainer wajib banget nih mengusai software ini karena fleksibilitas dan fitur yang disajikan lengkap sekali. Namun aplikasi coreldraw ini berbayar ya Sob, jadi usahakan jangan cracking. Kalau mau pakai software alternatif bisa menggunakan inkscape. Software inkscape mirip sekali dengan corelDraw namun bersifat Freeware. Hampir semua fitur basic di corel ada di Inkscape.

2. Photoshop

Terkadang desainer grafis tidak melulu tentang gambar vector. Sesekali bahkan sering berkutatnya dalam konten photo editing dan hanya menambahkan konten grafis sebagai pemanis saja. Pastikan sobat jika mau jadi desainer juga menguasai software editing photo ini ya. Software ini juga bisa mengover sebagian fitur yang ada dicoreldraw sehingga cukup fleksibel. Jika kita pernah lihat proses pecah warna sablon kaos dilakukan dengan software ini.

3. Lighroom

Sama halnya dengan photoshop, lighroom juga digunakan untuk editing photo. Namun disini fiturnya hanya terbatas pada grading colour saja.

5. ilustrator

6.Inkscape

7. Canva

Canva aplikasi desain grafis menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web,iPhone, dan Android. Dengan aplikasi ini proses desain menjadi lebih praktis karena tamplate sudah disediakan oleh aplikasi. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kita tidak perlu menguasai banyak fitur aplikasi seperti core dan photoshop untuk menghasilkan poster

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan wawasan buat sobat yang mau terjun didunia konten kreator

Ruang Lingkup Kerja Desainer Grafis di Era Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *