Share this page

Bagi sejumlah recruiter atau pencari karyawan, Motivation Letter adalah hal yang sangat penting dalam memutuskan menerima seseorang dalam ikatan kontrak kerja, atau menolaknya lamarannya. Motivation Letter sendiri adalah sebuah surat pegantar yang dilampirkan bersama dokumen lain seperti resume dan CV.  

Langsung saja, berikut ini adalah cara menulis surat motivasi yang tepat, untuk meyakinkan HRD menerimamu dalam sebuah proyek atau perusahaan.

Format Motivation Letter

  • Format motivation letter sesuai struktur pokok, dimulai dari pendahuluan, isi dan kesimpulan.
  • Terdiri dari 5 – 7 paragraf, di mana satu paragraf berisikan satu sampai tiga kalimat.


Struktur Motivation Letter

Ada tiga struktur pokok yang harus ada di dalam menulis surat motivasi yaitu : 

Pendahuluan

Berisikan tentang promosi singkat dan padat tentang diri sendiri, dimulai dari informasi pribadi, alasan melamar pekerjaan, informasi kontak seperti nomor telepon atau email.

Isi

Jelaskan secara terperinci kemampuan yang dimiliki, prestasi yang dicapai, tetapi jangan sampai terkesan melebih-lebihkan dan tidak natural, karena HRD yang akan membaca surat motivasimu akan mengetahuinya.

Kesimpulan

Utarakan kesimpulan dari surat motivasi yang kamu buat, berusahalah meninggalkan kesan positif di akhir, dan jangan lupa menuliskan terima kasih karena telah mempertmbangkan lamaran pekerjaanmu.

Dalam masa persaingan ini, memiliki motivation letter untuk kerja sangatlah penting karena akan menjadi penjelasan motivasimu melamar. Karena itu, di bawah ini adalah contoh singkat motivation letter yang bisa langsung kamu pahami, kemudian membuat milikmu sendiri.

Nama saya (Isikan dengan namamu), dan saya adalah (isikan kualifikasi, posisi, atau program studimu). Motivation Letter ini saya tujukan untuk melamar (Isikan posisi pekerjaan yang kamu inginkan) di (nama perusahaan yang hendak dimasuki).

Saya ingin (menjadi posisi tersebut) di (nama perusahaan) karena (tuliskan alasan terbaikmu), dan saya sangat tertarik dengan (bidang perusahaan tersebut) karena (tuliskan alasan ketertarikanmu).

Dengan ini saya mampu dan akan menjadi aset bagi perusahaan, karena saya (jelaskan kualifikasi, kemampuan, prestasi dan capaianmu). Saya juga terampil dalam (tuliskan soft skill atau hard skill yang kamu miliki) yang saya kembangkan dalam (Tuliskan tempat kamu mempelajari dan mengembangkan kualitas dirimu).

Dan saya berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja di (Nama perusahaan tersebut) sebagai (Posisi yang ingin kamu lamar). Terima kasih karena telah meluangkan waktu meninjau lamaran saya. Saya bisa dihubungi di (kontak yang kamu punya), jika terdapat pertanyaan atau kelanjutan dari lamaran ini. Saya harap bisa langsung menerima pemberitahuannya. 

Dengan Hormat,

(Nama kamu)

Itulah format, struktur dan contoh motivation letter lamaran kerja, yang bisa langsung kamu pahami dan praktekkan membuatnya. Buat motivation letter milikmu sebaik dan senatural mungkin, karena akan menjadi garda terdepan dalam melamar pekerjaan.

Apa Itu Motivation Letter? Ini Contoh dan Cara Membuatnya

Hani P

Expert Contributor at gudangkarir - SEO Content Writer Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *