Share this page

Menjadi seorang pemimpin yang baik dalam sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Karakter yang terbentuk dalam seorang pemimpin tidak begitu saja tumbuh tanpa adanya pengetahuan dan pengalaman yang matang.

Seorang pemimpin pemimpin dalam perusahaan merupakan kunci dari tercapainya goal atau tujuan perusahaan. Banyak perusahaan yang karam dikarenakan kepemimpinan yang tidak dapat menggerakkan timnya sehingga gagal mencapai tujuan atau bahkan karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

Instrument terpenting dari sebuah kepemimpinan adalah “komunikasi”. Komunikasi disini berfungsi sebagai sinyal untuk mendeliver pesan dari pemimpin kepada para tim untuk bekerja dengan benar.

Lalu bagaimana kunci agar kepemimpinan itu berhasil? Mari kita coba kita bahas di artikel ini.

Komunikasi Dua Arah

Komunikasi yang baik bagi seorang pemimpin bukanlah komunikasi satu arah atau top-down communication. Namun komunikasi yang baik adalah komunikasi yang terjadi dua awah antara pemimpin dan yang dipimpin.

Komunikasi dua arah ini dinamakan interaksi. Interaksi yang baik dan konsisten antara pemimpin dan tim akan menciptakan keselarasan frekuensi dalam mencapai tujuan.

Keselarasan kerja yang terbentuk dengan baik akan meningkatkan sinergitas sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi. Ketika terjadi masalah, keselarasan juga akan memudahkan mereka dalam mencari solusi yang tepat.

Dengan komunikasi dua arah, anggota tim juga akan merasa dilibatkan. Sehingga membuat meraka anggota tim akan lebih menjiwai dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan hasil keputusan yang telah dibuat.

Komunikasi yang Konsisten

Komunikasi yang konsisten bisa juga disebut sebagai koordinasi. Komunikasi yang konsisten bisa terjadi dalam proses perencanaan program, pelaksanaan sampai evaluasi program.

Pemimpin yang memberikan target kepada tim, jika tidak memantau dan menagih ketercapaian tim secara konsisten maka mereka cenderung bergerak lambat, tidak efektif dan tidak efisien. Untuk itu perannya melalui konsistensi komunikasi sangatlah penting untuk memastikan key performance indikator tercapai.

Konsistensi yang dimaksut disini bukanlah terletak pada porsi banyak interaksinya atau berlebihan, namun lebih pada konsisten terhadap apa yang perlu untuk dikomunikasikan. Sehingga pemimpinpun memiliki wibawa yang tetap terjaga.

Bersikap Sopan

Setiap anggota tim layak mendapatkan perlakuan baik dari seorang pemimpin. Sikap sopan melalui tutur bicara atau komunikasi kepada anggota tim akan membuat mereka merasa sangat dihargai.

Seorang anggota tim yang merasa dihargai oleh seorang pemimpin cenderung lebih percaya diri dengan apa yang dikerjakan. Kepercayaan diri inilah yang kemudian membuat hasil suatu pekerjaan lebih mantap dan maksimal.

Selain berdampak baik bagi para anggota tim, bersikap sopan kepada orang lain juga akan membuat seorang pemimpin lebih di hormati lagi. Wibawa yang terbentuk disini bukan hanya berasal dari kecerdasan intelektual namun juga kecerdasarn emosional.

Memberi Apresiasi

Memberi apresiasi atau penghargaan kepada anggota tim yang telah berusaha merupakan hal yang sangat penting. Selain dapat melipatgandakan kepercayaan diri mereka juga akan sangat bahagia karena hasil pekerjaan diakui oleh pemimpinnya.

Usahakan beri apresiasi didepan rekannya agar juga memotivasi yang lain untuk bekerja lebih baik lagi. Hal ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang kompetitif dalam hal positif.

Jika seorang pemimpin ingin memberi masukan atau evaluasi kepada anggota tim, usahakan terlebih dahulu untuk memberikan apresiasi. Hal ini akan sangat berguna karena anggota tim merasa tetap dihargai dan akan menerima evaluasi tersebut suatu bentuk perbaikan yang wajib dilakukan.

Apresiasi bentuknya macam-macam, ada yang dengan memberikan bonus, pujian dan motivasi, ucapan terimakasih, bahkan bisa juga ikut serta perayaan ulang tahun yang dilakukan bersama dengan rekan-rekan kerjanya.

Tujuan memberi apresiasi pada dasarnya adalah memperlihatkan perhatian dan mengakui betapa berharganya anggota tim bagi seorang pemimpin.

Itulah tips unuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan ideal diperusahaan. Setelah membaca artikel ini, apakah kalian siap menjadi seorang pemimpin? Tulis dikolom komentar ya


Tentang Gudangkarir.com

Gudangkarir.com merupakan platform berbagi info lowongan pekerjaan CPNS, lowongan BUMN, dan Lowongan Swasta baik lokal maupun nasional. Info lowongan kerja yang kami bagikan telah melalui review dan verifikasi melalui platform resmi perusahaan pemberi kerja. Selain berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan, gudangkarir.com juga membagikan tips, motivasi seputar dunia kerja.

Menjadi pemimpin yang baik, ini kuncinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *