Share this page

Gudangkarir.com – Bekerja merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Baik itu bekerja sebagai karyawan maupun sebagai entrepreunership. Bahkan sebagian orang menghabiskan setengah hidupnya untuk bekerja.

Dengan demikian kita perlu memaknai suatu pekerjaan bukan hanya dari sisi materi saja. Melainkan ada banyak hal yang perlu kita sadari, nikmati dan syukuri agar sebagian hidup kita tidak hanya seolah ditukar dengan uang.

Kita tentu sering melihat atau mendengar sebuah perusahaan rintisan yang tumbang karena belum memiliki budaya kerja yang baik. Seringkali disebabkan oleh ketidakkompakkan dalam anggota TIM, ketidak jelasan SOP dalam perusahaan, bahkan perbedaan orientasi antara pemimpin dalam perusahaan.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membangun anggota TIM kerja yang baik. Selain kejelasan visi misi perusahaan dan SOP untuk masing-masing jabatan, yang perlu juga dibangun adalah rasa persahabatan antara anggota TIM.

Menurut Jhon C. dalam bukunya The Maxwell Daily Reader ada tiga hal yang mendasari kenapa pentingnya menumbuhkan rasa persahabatan dalam anggota TIM.

1. Persahabatan Adalah Landasan dari Teknik Memengaruhi

Presiden Abraham Lincoln pernah berkata “Jika Anda ingin memenangi seseorang agar bersedia membantu Anda, pertama-tama yakinkan dirinya bahwa Anda adalah sabahat yang tulus. ” Hubungan persahabatan yang baik membuat upaya mempengaruhi sangat mungkin terjadi.

Begitupun dalam hal pekerjaan, jika kita ingin meminta bantuan kepada rekan kerja kita usahakan selain mengedepankan profeionalitas juga dibumbuhi dengan ketulusan. Sehingga hasilnya akan lebih memuaskan dan maksimal.

Persahabatan merupakan hubungan positif yang dapat Anda kembangkan dalam pekerjaan Anda dengan rekan-rekan kerja Anda.

2. Persahabatan Adalah Kerangka Kerja Menuju Kesuksesan

Kesuksesan memang memiliki banyak arti tergantung dari suatu individu memaknainya. Jika kita berbicara tentang kesuksesan dalam berkarir tentu kita akan fokus pada tercapainya visi dan misi atau atau tercapainya apa yang menjadi tujuan kita. Dalam konteks di perusahaan, jika visi dan misi tersebut tercapai bisa dikatakan sebuah perusahaan tersebut sukses.

Kesuksesan dalam mencapai visi misi dalam perusahaan tentu tidak dapat dilakukan oleh seorang diri. Melain ada TIM yang bekerja secara sinergi di dalamnya.

Menurut Theodore Roosevelt seorang mantan presiden Amerika Serikat pernah berkata “Satu-satunya kandungan paling penting dalam formula kesuksesan adalah tahu bagaimana cara bergaul dengan orang lain”.

Tanpa bisa bergaul, sebagian besar pencapaian akan menjadi mustahil, dan apa yang kita capaipun juga terasa hampa. Karena nilai manfaatnya hanya berhenti pada diri sendiri.

3. Persahabatan Adalah Perlindungan Terhadap Masalah

Ketika kita menghadapi masalah yang cukup berat, sosok yang dapat menguatkan selain Tuhan Yang Maha Esa adalah sosok sahabat yang juga bisa berperan sebagai rekan kerja. Terlebih dalam masalah pekerjaan, jika kita menghadapi suatu masalah maka seorang sahabat yang juga seorang rekan kerja akan dengan ringan tangan membantu.

Setidaknya bantuan dari mereka dapat menjernihkan pikiran sehingga kita dapat menghadapinya dengan hati yang tenang. Aristoteles pernah berkata “Sahabat-sahabat sejati merupakan perlindungan yang pasti”

Jika kamu seorang pemimpin dalam perusahaan, tentu kamu dapat dengan mudah mengadakan program-program yang membangun rasa persahabatan seperti outbound, FGD dan sejenisnya.

Jika kamu seorang karyawan, kamu bisa mempeloporinya dengan cara saling memberi permen, ngobrol diluar jam kerja dan lain sebagainya

Itulah tiga tips tentang bagaimana cara membangun TIM kerja yang baik. Selain kejelasan visi dan misi serta SOP setiap anggota TIM, membangun persabatan merupakan hal yang dapat di prioritaskan.

Semoga bermanfaat dan goodluck everybody!

Ingin Membangun TIM Kerja yang Baik? Tumbuhkan persahabatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *