Share this page
cara membalass email panggilan interview
© www.investmentexecutive.com

Gudangkarir.com – Membalas email panggilan interview kerja dengan cara yang baik merupakan bagian dari etika berkomunikasi, merespon, dan berinteraksi selama proses rekrutmen.

Beretika baik merupakan hal yang sangat penting dimanapun kita berada. Terlebih pada saat mengikuti seleksi perekrutan tenaga kerja, mulai dari tahap awal sampai dengan diterima dan berkerja bersama.

Lalu bagaimanakah cara membalas email panggilan interview yang baik dan benar? Seperti apa pula contoh penulisannya?

Tips Membalas Email Panggilan Interview Kerja

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada saat membalas email panggilan interview.

1. Membalas Email Tepat Waktu

Penting sekali buat kalian job seekers untuk selalu mengecek email setelah melamar pekerjaan. Terlebih jika kamu melamar pekerjaan yang sesuai dengan passion dan bidangmu, serta kamu yakin akan diterima.

Tujuannya adalah untuk melihat perkembangan lamaran yang telah kamu ajukan dan bisa segera meresponnya apabila mendapat panggilan interview.

Recruiters dalam mengirim informasi panggilan biasanya menyertakan jadwal dan waktu interview. Sehingga jangan sampai ketinggalan dan terlambat dalam membalas pesan.

2. Tunjukkan Apresiasi dan Antusiasme

Salah satu cara menunjukan karakter yang baik adalah dengan cara menghormati dan menghargai orang lain.

Tunjukkanlah rasa sopan dan santun dalam membalas email, sampaikan apresiasi berupa ucapan terimakasih dan rasa antusiasme dalam menghadiri undangan interview.

3. Gunakan bahasa yang efektif dan to the point

Pada saat membalas email panggilan interview, gunakanlah bahasa yang efektif dan efisien. Susun kalimat dengan padat, jelas dan tidak bertele-tele.

Pastikan untuk mengecek kembali email balasan tidak ada kesalahan penulisan dan kelengkapnnya.

4. Usulkan alternatif jadwal interview bila berhalangan hadir

Pada saat memberikan jadwal undangan interview, biasanya HRD menyertakan jadwal sesi wawancara. Dalam beberapa kasus kamu akan diberikan pilihan sesi sesuai yang kamu bisa.

Namun apabila pilihan jadwal yang ditawarkan tidak ada yang sesuai dengan waktu luang yang kamu miliki, maka kamu dapat melakukan konfirmasi kepada perekrut bahwasanya berhalangan karena suatu hal.

Sampaikan ucapan terimakasih dan permohonan maaf, serta tawarkanlah opsi kapan kamu tidak berhalangan dan tanyakanlah apakah waktunya memungkinkan.

5. Pastikan membalas email panggilan interview apa bila kamu menolaknya

Bersikap profesional merupakan hal yang penting, salah satunya contohnya adalah memberikan konfirmasi jika kamu memilih untuk tidak melanjutkan tahapan seleksi alias menolaknya.

Membalas email walaupun berisi penolakan panggilan interview merupakan bagian dari tanggung jawab dan komitmen kamu karena telah mengajukan diri sebagai calon karyawan.

Pada saat menolak panggilan interview, jelaskan dengan bahasa yang santun bahwa kamu tidak dapat melanjutkan proses seleksi yang sedang berlansung.

Sampaikanlah ucapan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan, sehingga apabila suatu saat mendaftar lagi diperusahaan tersebut maka kamu masih memiliki reputasi yang baik.

Itulah 5 cara membalas email panggilan interview kerja kepada HRD. Selanjutnya akan kita bahas seperti apa contoh susunan paragraf dalam membalas email panggilan interview HRD menurut Ekrut Media dan Indeed.

Contoh Email Balasan Panggilan Interview

Apabila kamu menerima panggilan interview dan berkomitmen untuk menghadiri prosesnya, gunakan template di bawah ini sebagai panduan.

Dear / Halo (nama recruiter),

Terima kasih atas pertimbangan dan undangan wawancara kerja untuk posisi (jelaskan posisi yang dilamar) di perusahaan (sebut nama perusahaan).

Saya bisa hadir sesuai waktu dan lokasi yang ditentukan pada hari (sebut waktu dan lokasi yang telah ditentukan oleh recruiter pada email sebelumnya). Saya menantikan wawancara ini dan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang bekerja di perusahaan (nama perusahaan).

Harap beritahu saya jika saya perlu membawa informasi atau dokumen pelengkap sebelum wawancara kerja di waktu yang telah disesuaikan tadi.

Dengan hormat,
(Nama)
(Nomor HP)

Contoh email balasan panggilan interview apabila ingin melakukan nego jadwal

Yth. ( nama recruiter),

Terima kasih sebelumnya atas kesempatan interview yang diberikan. Saya sangat menantikan untuk bertemu langsung dan berbicara lebih banyak tentang posisi (nama posisi yang dilamar ) di perusahaan (nama perusahaan).

Sayangnya, saya berhalangan hadir di tanggal wawancara yang telah ditentukan karena (sebut alasan yang membuat kamu terpaksa harus mengatur ulang jadwal interview).

Jika berkenan, saya memohon untuk melakukan pergantian jadwal di hari lain pada tanggal (sebut waktu alternatif lain yang ingin kamu ajukan) atau waktu lain yang paling cocok untuk Anda.

Besar harapan saya agar dapat mengikuti tahapan interview ini karena itu saya harap Anda dapat mempertimbangkan kembali perubahan jadwal wawancara kerja tersebut.

Saya nantikan kabar selanjutnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Dengan hormat,
(Nama)
(Nomor HP)

Contoh email balasan panggilan interview apabila ingin menolak undangan yang diberikan

Yth(nama recruiter),

Terimakasih banyak telah menghubungi dan memberi kesempatan interview kerja kepada saya.

Namun, saya mohon maaf karena tidak dapat melanjutkan interview untuk posisi (sebut) di (nama perusahaan) tersebut karena (sebutkan alasan penolakan, misalnya kamu baru menerima pekerjaan lain, atau tidak lagi mencari posisi tersebut, dan lain-lain).

Sekali lagi terima kasih atas kesempatan dan waktu yang telah Anda berikan.

Hormat saya,
Nama

Contoh email balasan panggilan interview dengan bahasa inggris

Dear (Nama Recruiter)

Thank you for your consideration and the invitation to interview for the (posisi) role at (nama perusahaan). I am available this (waktu wawancara), and I look forward to meeting with you to discuss this position in more detail.

Please let me know if I can provide any additional information prior to our meeting on Wednesday afternoon at your offices. I look forward to seeing you then.

Sincerely,
(name)
(phone number)

Persiapan sebelum interview

Setelah kamu membalas email panggilan interview HRD, penting untuk mempersiapkan diri sebelum maju memenuhi undangan.

Hal ini perlu kamu lakukan agar semakin mantap dengan jawaban yang kamu pilih.

Berikut adalah daftar poin-poin penting yang dapat kamu siapkan untuk memantapkan jawaban yang akan kamu gunakan nanti.

  1. Mereview kembali CV dan Resume yang telah kamu susun
  2. Mempelajari profil dan profil pewawancara jika tersedia
  3. Mempelajari deskripsi dan ruang lingkup pekerjaan yang kamu pilih
  4. Mengecek kembali kelengkapan dokumen yang perlu dibawa
  5. Menyiapkan pakaian yang sesuai
  6. Berlatih wawancara didepan kaca
  7. Mempelajari berbagai pertanyaan yang mungkin ditanyakan HRD

Baca Juga : Pertanyaan HRD Pada Saat Wawancara Pekerjaan

Itulah beberapa tips dan contoh yang dapat kamu jadikan sebagai panduan dalam membalas email panggilan interview kerja.

Manfaatkan kesempatan sebaik mungkin dan jalanilah dengan sungguh-sungguh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber

5 Cara Membalas Email Panggilan Interview Beserta Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *