Share this page

Hai Sahabat Loker Jogja di manapun kalian berada. Salam sehat selalu. Makasih yang udah stay tone pantengin terus instagram kami. dikesempatan kali ini admin bakal berbagi info buat kalian tentang berbagai pertanyaan yang sering muncul dan biasanya sih wajib ada ketika wawancara lamaran pekerjaan. Tips ini admin tulis berdasarkan pengalaman admin yang udah beberapa kali mendampingi HRD dalam melakukan wawancara calon pegawai. Skuyy gapakai lama

Pertanyaan Apa Aja yang Sering Muncul Ketika Wawancara Pekerjaan?

PERKENALAN DIRI
Pertanyaan pertama yang pasti keluar dari seorang HRD adalah memastikan nama kalian sesuai dengan form yang dipegang ama HRDnya. Setelah sesuai kalian bakal dapet kesempatan untuk memperkenalkan diri kalian. Tujuan atau poin dari pertanyaan ini adalah untuk menguji Sobat, seberapa jauh Sobat mengenal diri sendiri. Buat yang baru pertama kadang bisa gagap menghadapi pertanyaan ini, akhirnya yang keluar cuma nama dan alamat doang. Di situ biasanya HRD udah gak mood buat lanjutin pertanyaannya. Nah kejadian seperti itu jangan sampai terjadi ya Sob. Pada kesempatan perkenalan ini usahain kalian jabarin banyak hal penting tentang diri kalian. Tentu sesuai porsinya aja ya Sob, misalnya nama, alamat, status, pendidikan, hoby dan pastinya gimana kepribadian kalian Sob. Buat HRD tertarik dengan gaya perkenalan kalian yang humble, komunikatif, dan menunjukkan kepribadian yang baik. Kalau udah saling tertarik, biasanya interview akan lebih nyambung dan tidak bikin gugup

Kelebihan/kemampuan yg meninjol dan kelemahan, cara mengatasinya?
Masih nyambung dipertanyaan pertama, biasanya HRD akan mulai masuk lebih dalem tentang kepribadian kalian. Hal yang cukup banyak disoroti tentang kepribadian kalian adalah kelemahan dan kelebihan kalian dalam apapun. Disini Sobat harus sudah siap yah! Sobat harus tahu apa sih yang menjadi kekurangan kita dan kelebihan kita. Contoh kekurangan itu misalnya mudah baper atau tersinggung, tidak bisa bekerja dibawah tekanan, tidak bisa bekerja dalam kebisingan, tidak suka diperintah secara mendadak. Contoh kelebihan itu apa misalnya? contoh mudah beradaptasi, suka berterus terang, kalau mengerjakan sesuatu pasti tuntas, fokus dan masih banyak lagi. Di sini sobat harus konsisten ya. Hal yang paling penting Sobat harus tahu bagaimana cara mengatasi kelemahan-kelemahan Sobat.

MOTIVASI Melamar Posisi
Pertanyaan yang kedua biasanya udah mulai menjurus nih Sob, artinya jawaban kalian akan lebih terarah. Nggak sebebas pas perkenalan. Disini biasanya HRD akan menanyakan tentang motivasi Sobat kenapa memilih melamar pekerjaan ini atau posisi ini. Di sini temen-temen tidak dibatasi harus menjawab seperti apa, tapi usahakan terus terang saja. Diakhir pernyataan temen-temen bisa kasih statemen yang berisi optimisme positif dapat bekerja dengan baik di posisi yang temen-temen lamar

Apa yang kamu ketahui tentang posisi ini? Jabarkan macam2 pekerjaan yg apa yg dilakukan admin.
Masih nyambung dipertanyaan sebelumnya, biasanya HRD juga bakal nanyain sedikit teknis tentang seperti apa pekerjaan di bidang yang Sobat pilih. Tujuannya adalah untuk mengetes Sobat sejauh mana memahami bidang pekerjaan ini. Pertanyaan ini sebetulnya cukup mudah bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman bekerja dibidang yang sama. Namun buat mereka yang baru pertama melamar posisi ini, silahkan kalian pelajarin dikit dikit tentang bidang pekerjaan yang sobat lamar. Kalian juga bisa nanya nanya terlebih dahulu kepada teman yang bekerja dalam bidang yang sama tentang pekerjaan apa saja yang dilakukan pada posisi tersebut untuk bekal.

Melamar ditempat lain?
Pertanyaan ini sebetulnya jarang muncul, tapi bisa aja dimunculkan oleh HRD. Tujuannya adalah HRD ingin mengetahui penilaian HRD di tempat lain dalam menilai portofolio Sobat. Bayangin kalau kalian jawab “iya Pak, saya sudah melamar di 10 tempat dan hanya ditempat ini saya dipanggil wawancara” Pasti sontak HRD berkata dalam hati “kenapa cuma saya yang panggil ya? jangan-jangan saya salah pilih ya”. Kalau udah begini sih biasanya membuat HRD menjadi sedikit ragu. Tapi nggak semua begitu ya Sob. Tiap HRD pasti memiliki standar penilaian yang beda-beda. Berharap aja dapat yang baik, hehe. Jadi ketika dapet pertanyaan ini usahain jawab seolah Sobat adalah orang yang berkualitas dan dipertimbangkan. Sobat bisa bisa “ada beberapa saya melamar tapi belum cocok”

Pengalaman kerja. Selama bekerja dapet pengalaman apa aja?Alasan resign
Selamatt!! anda sudah masuk pertanyaan tahap tengah. Masih ditengah ya Sob belum berakhir. Nah pertanyaan tentang pengalaman atau history pekerjaan biasanya sering banget muncul. Disini kalian bakal dinilai banyak hal. Pertama adalah loyalitas. Trek record dan lama bekerja Sobat di setiap perusahaan akan dilihat. Semakin sering berpindah-pindah tempat kerja atau masa kerjanya singkat biasanya akan membuat HRD ragu dengan sobat. Dipikiran HR ketika menemui seperti ini ada dua hal yang muncul, kinerja Sobat yang tidak bagus sehingga diberhentikan atau bisa jadi memang sobat tidak cocok alias tidak betahan. Soo, usahin kalau pas kerja dimanapun harus sungguh-sungguh ya Sob, pastikan sobat loyal dan bekerja sebaik mungkin. Sehingga durasi bekerja Sobat juga bagus. Pada tahap ini biasanya HRD juga bakal nanyain alasan pindah dari perusahaan pertama ke yang kedua dan seterusnya. Di sini sobat bisa kasih penjelasan yang logis dan masuk akal sehingga sobat bakal dipertimbangkan. Biar bagaimanapun HRD akan memilih calon karyawan yang punya kinerja bagus dan masa kerja yang proper.

Masih nyambung pertanyaan seputar history pekerjaan, sobat juga bisa jadi ditanya tentang pembelajaran yang diperoleh dari tempat kerja sebelumnya yang dapat diaplikasikan atau diterapkan di tempat kita melamar. Tapi pertanyaan ini jarang banget sih kecuali bidang yang sobat pilih posisinya sama

Gambaran lingkugan kerja yang disukai
Nah tahap ini sudah mulai cooling down Sob, udah mulai ringan-ringan. Diakhir wawancara biasanya kalian bakal ditanya seputar gambaran suasana kerja yang Sobat sukai. Usahakan disini Sobat menjawab dengan pernyataan yang menunjukkan Sobat orang yang adaptif dengan lingkungan. Intinya seperti apapun lingkungan kerjanya nanti tetap bisa menyesuaikan

Yang paling memotivasi pada saat bekerja? Apa harapan kedepan nanti?
Kalau kalian menunjukkan interest yang bagus dimata HRD, pertanyaan ini juga bisa mungkin dimunculkan. Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk melihat apakah Sobat memiliki visi atau tidak. Seorang karyawan yang memiliki visi biasanya dia akan menunjukkan harapan kedepan seperti Jenjang Karir. Disini HRD juga sekaligus mencari kader-kader untuk estafet kepemimpinan.

Apa yg meykinkan kami kami layak utk kami rekrut
Nah ini adalah pertanyaan HRD yang paling akhir. Biasanya Sobat bakal diminta untuk membuat statemen atau pernyataan yang menguatkan HRD bahwa Sobat pantas untuk diterima sebagai karyawan

Yakkkk.. segitu dulu Sobat Loker Jogja tips yang bisa admin bagi. Kalau ada salahnya mohon maap yah semoga bisa bermanfaat dan bisa memberi gambaran buat sobat semua. Semoga Sobat semua sukses meniti karir dan bisa meminang DOI. Semangat

Assalamualaikum wr wb

Pertanyaan HRD Pada Saat Wawancara Pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *